Bandara Kualanamu Mulai Validasi Kartu Vaksinasi Penumpang Dari dan Ke Jawa-Bali


300 view
Bandara Kualanamu Mulai Validasi Kartu Vaksinasi Penumpang Dari dan Ke Jawa-Bali
Foto.Dok/Bandara Kualanamu
DIPERIKSA : Penumpang menjalani pemeriksaan identitas diri dan boarding pass beserta syarat-syarat perjalanan sebelum menuju boarding lounge (ruang tunggu), Sabtu (3/7/2021) di Bandara Kualanamu-Deliserdang.
Kualanamu (SIB)
Bandara Internasional Kualanamu akan melakukan validasi kartu vaksinasi dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR (Reverse transcription-Polymerase Chain Reaction) yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan, bagi calon penumpang pesawat menuju dan dari Jawa serta Bali, mulai Senin, 5 Juli 2021.

Sedangkan untuk penerbangan dari atau ke bandara selain Jawa dan Bali, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam atau hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Hal itu disampaikan Executive General Manager (EGM) Bandara Kualanamu, Heriyanto Wibowo, pada siaran persnya yang diterima SIB, Sabtu (3/7). Kebijakan itu mendukung penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarkat) Darurat Jawa-Bali sesuai surat edaran Kementerian Perhubungan Nomor 45 Tahun 2021.

Guna mendukung calon penumpang pesawat memenuhi protokol kesehatan, Bandara Internasional Kualanamu berkolaborasi dengan KKP Kemenkes Kelas 1 Medan akan membuka layanan vaksinasi center KNO di Atrium lantai 1 Terminal Bandara, mulai 6 Juli 2021.

Layanan vaksinasi tersebut selain untuk calon penumpang, juga untuk masyarakat umum dan Stakeholder Bandara Internasional Kualanamu, dalam rangka mendukung percepatan program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah agar Indonesia dapat mencapai kekebalan komunal atau Herd Immunity, ujar Heriyanto Wibowo.

Selain itu, untuk memudahkan calon penumpang pesawat memenuhi persyaratan kesehatan sebelum melakukan penerbangan, Bandara Internasional Kualanamu menyediakan 2 layanan RT-PCR dan RT Antigen, di area parkiran A dan di lantai mezzanine (tengah). (C1/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com