Banjir Makin Meninggi, Wartawan Unit Pemkab Sergai Salurkan Bantuan


144 view
Banjir Makin Meninggi, Wartawan Unit Pemkab Sergai Salurkan Bantuan
(Foto: SIB/Bonny Sembiring)
SALURKAN: Wartawan Unit Pemkab Sergai saat menyalurkan bantuan di salah satu Posko banjir di Kecamatan Seirampah, Rabu (10/11/2021).
Sergai (harianSIB.com)
Hujan yang mengguyur Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) dalam beberapa hari terakhir, membuat kondisi banjir di wilayah Kecamatan Seirampah, Tanjungberingin, Sipispis dan Kecamatan Tebingtinggi, semakin meninggi.

Menyikapi kondisi tersebut, Wartawan Unit Pemkab Sergai menyalurkan bantuan berupa beras dan mi instan untuk dua Posko penanganan banjir di Kecamatan Seirampah, Rabu (10/11/2021).

Koordinator Wartawan Unit Pemkab Sergai, Darmawan didampingi pengurus Budi Wijaya, Affan Mandor serta Zulpan Balo mengatakan, bantuan beras ini sejatinya untuk meringankan beban warga korban banjir yang sedang mengungsi, akibat kediaman mereka terdampak bencana alam musiman itu.

"Apa yang kami berikan ini tidaklah sebanding dengan apa yang dirasakan korban banjir yang memilih untuk mengungsi," ujar Darmawan kepada jurnalis Koran SIB Bonny Sembiring, di sela menyerahkan bantuan tersebut.

"Kami juga berharap kepada masyarakat luas supaya yang memiliki rejeki berlebih dapat turut membantu korban banjir di Sergai ini," tambahnya.

Sementara itu, Camat Seirampah Rahmat Suhendra Damanik selaku perwakilan penerima bantuan menyatakan, akibat curah hujan yang tinggi membuat ketinggian air semakin menjadi-jadi dan merendam ribuan rumah warga Serdangbedagai.

Sebelumnya, lanjut Suhendra, ada 17 Posko yang didirikan pemerintah. Tapi, kini harus ditambah menjadi 25 Posko yang terbagi di 5 desa, di antaranya Seirampah, Firdaus, Seirejo, Cempedak Lobang dan Pematangganjang.

"Untuk Kecamatan Seirampah, sebanyak 2700 rumah yang terdampak banjir dan ketinggian air mencapai 1,5 meter. Terparah berada di kawasan Desa Seirampah," ungkapnya.

Kemudian, Suhendra pun menjelaskan bahwa keberadaan posko-posko di Kecamatan Seirampah juga telah disediakan berbagai bahan pangan, dapur umum serta pelayanan pengecekan kesehatan secara berkala bagi masyarakat yang terdampak banjir.

"Mewakili para korban, kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diserahkan Wartawan Unit Pemkab Sergai. Bantuan ini tentunya sangat berarti bagi warga yang tinggal di tenda pengungsian. Sebab, stok bahan pangan akan tetap terkendali," ucapnya.

Terpisah, Kepala BPBD Sergai Hendri Suharto menjabarkan, total keseluruhan korban banjir mencapai 5.600 rumah yang terbagi di 4 kecamatan yaitu Seirampah, Sipispis, Tanjungberingin dan Tebingtinggi. Pihak BPBD, katanya, akan terus memantau ketinggian air di wilayah-wilayah dimaksud.

"Posko banjir dibuka aktif selama 24 jam, sehingga warga yang mengungsi di tenda terus terpantau, baik dari kesiapan logistik maupun kesehatannya. Bagi warga yang hendak dievakuasi, dapat terus berkoordinasi ke para petugas Posko," pungkasnya. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com