Banyak Bisnis Menjanjikan Jika Zona Wisata Haranggaol Dikembangkan


545 view
Banyak Bisnis Menjanjikan Jika Zona Wisata Haranggaol Dikembangkan
(Foto: SIB/Mey Hendika Girsang)
DANAU TOBA: Inilah panorama Danau Toba wilayah Haranggaol Horisan Kabupaten Simalungun yang sangat menakjubkan. Foto dipetik, Kamis (15/4) dari Panatapan Haranggaol. 
Simalungun (SIB)
Di era 1980-an, kawasan Danau Toba wilayah Haranggaol Horisan Kabupaten Simalungun terkenal dengan pariwisatanya. Setiap momen libur, daerah itu selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan bahkan dari luar negeri.

Selain pariwisata, hasil pertaniannya seperti pisang dan bawang juga sangat dikenal pada masa itu. Banyak masyarakat dari berbagai penjuru datang ke Haranggaol untuk membeli hasil pertanian itu.

Seiring berjalannya waktu, sektor pertanian dan pariwisatanya mulai dilupakan, karena banyak petani dan pelaku wisata beralih ke usaha perikanan sistem kerambah jaring apung (KJA).

Alhasil, usaha KJA itu pun mampu meningkatkan ekonomi masyarakat. Namun sektor pertaniannya dan perkembangan objek wisatanya terabaikan. Padahal, jika zona wisata Haranggaol dikembangkan banyak bisnis menjanjikan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Jika zona wisata Haranggaol dikembangkan, sangat banyak bisnis menjanjikan untuk meningkatkan taraf hidup. Seperti bisnis perhotelan atau penginapan, kuliner, jasa fotografer, travel dan kreasi seni. Hal ini memiliki prospek yang sangat baik di tempat wisata," kata seorang wisatawan lokal Rio Dewanto Purba saat berkunjung ke Haranggaol, Kamis (15/4).

Selain bisnis tersebut, lanjutnya, ada banyak usaha lain yang bisa dikerjakan masyarakat sekitar di antaranya pengadaan sepeda air, speedboat dan penyediaan jasa kapal untuk keliling Danau Toba wilayah Haranggaol.

Sedangkan kawula muda yang memiliki kreasi seni, sambung Rio, sudah bisa mengembangkan kreasinya. Jika dia bisa bermain musik, maka sudah bisa tampil di zona-zona wisata untuk menghibur wisatawan. Begitu juga seni ukir dan lukis atau gambar. Itu sudah bisa dipajang dan pasti dibeli pengunjung.

"Kalau sudah demikian, dijamin wisatawan akan memilih Haranggaol sebagai tujuan wisata andalan. Ditambah lagi sadar wisata masyarakat sekitar dan kebersihan lingkungan. Wisatawan pasti melirik. Jika wisatawan sudah datang, otomatis meninggalkan uang," katanya.

Dikatakan, wisata Haranggaol berkembang, akan merimbas kepada sektor pertanian. Hasil pertanian warga juga akan dilirik wisatawan. Dalam hal ini pemerintah harus menyediakan tempatnya seperti pasar tani yang siap mengadakan expo hasil pertanian.

"Intinya, bisnis itu akan cepat mendatangkan uang. Termasuk usaha rumah makan dan jual buah seperti mangga dan pisang. Karena hal itu merupakan kebutuhan wisatawan saat berkunjung ke objek pariwisata," ujarnya sembari mengatakan, kalau zona wisata itu maju, sudah bisa dijadikan lokasi shooting film. (D5/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com