Banyak Warga Nias Induk Banyak Belum Tahu Jadwal Pencoblosan, Kinerja KPUD Disorot


143 view
Foto Dok
Faigiasa Bawamenewi SH
Nias (SIB)
Terkait warga Nias Induk masih banyak yang belum tahu jadwal pencoblosan Pilkada sesuai berita SIB sebelumnya. Menyikapi kondisi itu, tokoh masyarakat menyoroti kinerja KPUD Nias.

Tokoh masyarakat, Faigiasa Bawamenewi SH saat diminta SIB tanggapannya, Senin (30/11) sangat menyayangkan hal tersebut. "Di seluruh desa ada petugas KPUD Nias, sehingga melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) bisa melakukan sosialisasi tentang pelaksanaan Pemilu dan para Cakada," kata pria yang berprofesi pengacara tersebut.

Kalau komisioner KPUD Nias kemudian memberi alasan alasan tidak masuk akal, Faigiasa menyarankan mereka seharusnya mengundurkan diri saja.

Salah seorang masyarakat Desa Tuhembuasi, Kecamatan Sogaeadu Kabupaten Nias, Fatiz Zai mengatakan, di desanya belum dilakukan sosialisasi Pilkada. Ia berharap di sisa waktu yang ada agar KPU melakukannya, sebab masih banyak warga desa yang belum tahu jadwal Pilkada.

Sebelumnya, Ketua KPUD Nias, Firman Mendrofa mengatakan, bila ada masyarakat yang belum mengetahui jadwal Pilkada Nias, Firman berharap media membantu memberitakan. "Kalau hanya pihak KPU sendiri melakukan sosialisasi, tidak sanggup," kata Firman.

Harian SIB yang sebelumnya berkeliling menanyai masyarakat di beberapa desa kecamatan secara acak, lebih banyak warga yang belum tahu jadwal pemungutan suara daripada yang mengetahui. (NG/BR9/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Harian SIB Edisi Cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com