Batang Pohon Sawit Pondasi Pengaspalan Jalan Aekkota Batu- Hatapang Tak Kunjung Dibongkar


212 view
Batang Pohon Sawit Pondasi Pengaspalan Jalan Aekkota Batu- Hatapang Tak Kunjung Dibongkar
( Foto SIB/ Jepri Nainggolan)
POHON SAWIT : Batang pohon sawit untuk pondasi pengaspalan di atas box culvert di jalan Aekkotabatu- Hatapang tak kunjung dibongkar. Padahal, proyek pengaspalan sudah selesai dikerjakan pihak rekanan, Senin (8/11).

Aekkanopan (SIB)

Pengaspalan jalan penghubung Aekkotabatu menuju Hatapang di Dusun Pindoan, Desa Silumajang, Kecamatan Na IX- X, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) berbiaya Rp 1 miliar lebih telah selesai dikerjakan pihak rekanan. Namun, potongan kelapa sawit untuk pondasi pengaspalan diatas box culvert hingga sekarang tak kunjung dibongkar Dinas PUPR, seperti pernah dijanjikan Kepala Dinas PUPR Labura, Edwin Defrizen ST saat dikonfirmasi SIB beberapa waktu lalu.


Menurut Dedi (35), supir truk yang sering melintas di jalan tersebut, pengaspalan dengan memakai potongan kelapa sawit di atas box culvert itu disangsikan kualitasnya dan mungkin tidak akan bertahan lama.


"Suatu saat potongan kelapa sawit tersebut lapuk, dikhawatirkan badan jalan di atasnya runtuh," ujarnya, Senin (8/11).

Ia pun mengaku baru kali ini melihat pengaspalan menggunakan potongan kelapa sawit di atas box culvert.


Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Labura, Edwin Defrizen ST dikonfirmasi via seluler belum lama ini mengatakan, awalnya box culvert itu mau dibangun wiker, karena jalannya kecil pasti jalannya tertutup.


Kemudian dibuatlah jalan sementara dengan memakai batang pohon kelapa untuk pengaspalan yang lebarnya 5,5 meter. Setelah aspal kering akan dibongkar.


"Batang pohon kelapa itu akan dibongkar setelah kering aspalnya dan dibangun memakai wiker, kalau kita bongkar sekarang ya longsor aspalnya. Mana mungkin kami aspal potongan pohon kelapa. Sedang untuk aspal yang retak akan di aspal kembali," ucapnya. (E8/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com