Batik Air Rute Kualanamu-Halim Perdanakusuma Kembali Parkir 1,5 Jam


340 view
Batik Air Rute Kualanamu-Halim Perdanakusuma Kembali Parkir 1,5 Jam
Foto: SIB/Dok
APRON: Area parkir pesawat (Apron) Bandara Internasional Kualanamu.
Kualanamu (SIB)
Diduga mengalami gangguan pada salah satu sistem di bagian kokpit (ruang pilot), pesawat Batik Air dengan penerbangan ID-7010 tujuan Bandara Halim Perdanakusuma sempat menunda pergerakan menuju landas pacu (runway), dan kembali ke tempat parkir (apron) sekira 1,5 jam, Minggu (5/9) pukul 09.00 WIB, di Bandara Internasional Kualanamu.

Informasi diperoleh, Batik Air ID-7010 didorong mundur dari tempat parkir untuk landas pacu. Namun saat bergerak dengan kecepatan rendah, pesawat tersebut berbalik arah dan kembali ke tempat parkir semula, serta mengeluarkan seluruh penumpang kembali ke ruang tunggu.

Danang Mandala Prihantoro selaku Corporate Communications Strategic of Batik Air, pada statement-nya, membenarkan bahwa Batik Air penerbangan ID-7010 dioperasikan menggunakan Airbus 320-200CEO registrasi PK-LUZ, sempat mengalami RTA (Return to Apron) kembali ke tempat parkir.

Jadwal keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Kualanamu pukul 09.00 WIB (Waktu Indonesia Barat, GMT+ 07) dan diperkirakan tiba di Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma pukul 11.20 WIB.

Saat hendak landas pacu dengan kecepatan rendah, pilot melihat ada komponen tertentu pada salah satu sistem fungsi rem (break fault) pada pesawat menunjukkan segera dan perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Sesuai standar operasional prosedur, pengecekan pesawat sebelum keberangkatan (pre flgiht check) tetap dijalanan secara menyeluruh oleh awak kokpit (pilot) dan teknisi. Setelah menjalani pengerjaaan sekira 40 menit, pesawat dinyatakan laik terbang dan aman untuk dioperasikan (airworthiness for flight).

Batik Air penerbangan ID-7010, kembali mengudara dengan membawa 6 awak pesawat serta 112 tamu (penumpang), lepas landas dari Bandar Udara Internasional Kualanamu pukul 10.31 WIB. Disebutkan, pesawat telah mendarat normal di Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma pukul 12.32 WIB.

Upaya memberikan kenyamanan, Batik Air mengakomodir sesuai permintaan tamu penerbangan ID-7010, antara lain: perubahan jadwal keberangkatan (reschedule), pengembalian dana dari tiket (refund).

Batik Air senantiasa patuh menjalankan operasional dan layanan penerbangan berdasarkan ketentuan atau peraturan yang berlaku dengan tetap memperhatikan faktor-faktor yang memenuhi aspek keselamatan keamanan (safety first) serta sebagaimana pedoman protokol kesehatan. (C1/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com