Bawaslu Simalungun Tangani Dugaan Pelanggaran Prokes Paslon 2


123 view
Foto Dok/Bobby Dewantara Purba
Bobby Dewantara Purba
Simalungun (SIB)
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Simalungun kini mendalami kasus pelanggaran protokol kesehatan (Prokes) yang diduga dilakukan oleh tim pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Simalungun nomor urut 2, Hasim-TPS.

Koordinator Divisi Penanganan dan Pelanggaran Bawaslu Simalungun Bobby Dewantara Purba mengatakan, pihaknya telah menerima laporan terkait pelanggaran tersebut dari Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Girsang Sipanganbolon.

"Laporan itu langsung kita tindaklanjuti. Masih tahapan klarifikasi, dengan meminta keterangan dari Korcam (koordinator kecamatan Paslon nomor urut 2). Kemudian, meminta keterangan orang-orang yang terlibat pada pertemuan itu," kata Bobby, Kamis (3/12).

Sebagaimana diketahui, pertemuan pendukung Paslon nomor urut 2 di dalam Wisma Agape Sosor Sabah, Parapat, Selasa (1/12) lalu, untuk pelatihan saksi tim pemenangan dari 9 kecamatan dan melebihi kapasitas, lebih dari 200 orang serta tidak memiliki Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) dari pihak kepolisian.

Panwascam setempat juga tidak menerima surat rencana kegiatan dan telah berupaya menegur untuk membubarkan kerumunan massa karena dinilai telah melanggar protokol kesehatan Covid-19, sesuai dengan maklumat Kapolri nomor MAK/3/IX/2020 tentang protokol kesehatan.

Bobby mengatakan, jika kasus tersebut nantinya terbukti melanggar peraturan KPU nomor 11 tahun 2020 dan PKPU nomor 13 tahun 2020, maka akan diteruskan ke pihak KPUD Simalungun sebagai pelanggaran administrasi Pilkada.
"Ke depan, soal sanksinya menjadi wewenang KPU," tutup Bobby. (S05/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Harian SIB Edisi Cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com