Sabtu, 20 Juli 2024

Bebas dari HIV/Aids dan Penyakit Menular, Rutan Kelas IIB Humbahas Gandeng Dinas Kesehatan Humbahas

Redaksi - Selasa, 30 Mei 2023 18:06 WIB
203 view
Bebas dari HIV/Aids dan Penyakit Menular, Rutan Kelas IIB Humbahas Gandeng Dinas Kesehatan Humbahas
Foto: Dok/Sahat M Sihite
PEMERIKSAAN: Rutan Kelas IIB Humbahas, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Humbahas dan HKBP Aids Ministry Balige, mengadakan kegiatan screening HIV/Aids, bertempat di Poliklinik Rutan Kelas IIB Humbahas, Desa Hutagurgur, Kecamatan Doloksanggul, S
Humbahas (SIB)
Dalam rangka mencegah terjadinya penularan HIV/Aids dan penyakit menular lainnya di dalam lingkungan blok hunian Rutan Kelas II B Humbang Hasundutan (Humbahas), dilakukan kegiatan screening bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Humbahas dan HKBP Aids Ministry Balige, bertempat di Poliklinik Rutan Kelas IIB, Desa Hutagurgur, Kecamatan Doloksanggul, Senin (29/5).

Kegiatan ini diawali dengan penyuluhan kesehatan tentang bahaya, cara pencegahan dan penanggulangan penyakit HIV/Aids.

Dalam sesi penyuluhan ini para warga binaan diberikan kesempatan untuk bertanya maupun meminta pemahaman yang lebih kepada para petugas kesehatan oleh tim dari HKBP Aids Ministry dan dokter dari Dinas Kesehatan Humbahas.

Dilanjutkan dengan skrining HIV/AIDS dan kejiwaan kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Humbahas.

Selain warga binaan, pemeriksaan HIV/AIDS dan hepatitis B juga diikuti oleh seluruh Petugas Rutan Humbahas.

Pemeriksaan ini dilaksanakan di Poliklinik Rutan Humbahas bertujuan untuk mendeteksi sedini mungkin risiko terkena HIV/AIDS dan meningkatkan langkah pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS bagi WBP didalam Rutan Humbahas.

“Kegiatan ini diharapkan dapat mencegah terjadinya penularan penyakit seperti HIV/Aids dan penyakit menular lainnya di lingkungan Rutan, sehingga tercipta lingkungan yang sehat dan nyaman terlebih di dalam blok hunian," kata Kepala Rutan (Karutan) Herry Hasudungan Simatupang SH MH.

Untuk hasil pemeriksaan HIV/Aids tersebut didapatkan hasil seluruhnya negatif. Untuk screening kejiwaan sedang di evaluasi hasilnya oleh pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Humbahas.

"Jika ada WBP yang di periksa mengalami HIV/Aids ataupun didapatkan hasil abnormal pada hasil screening kejiwaan maka akan dilakukan pengobatan oleh Petugas Klinik Rutan Humbang Hasundutan," tutup Herry. (G3/r)







Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar Jalani Pemeriksaan Kesehatan
Sambut HBP ke-60, Rutan Humbahas Bagi-bagi Takjil Gratis
WHO: RI Masih Hadapi Beban Penyakit Menular Tropis yang Tinggi
Masyarakat Dihimbau Hindari Pergaulan Bebas
YP ADHA Gelar Peringatan Hari AIDS Sedunia, Nawal Lubis Beri Motivasi
Dari Seminar Hari AIDS Sedunia, Kasus HIV/AIDS di Sumut Meningkat
komentar
beritaTerbaru