Belasan IRT dan Anak Sekolah Turun ke Jalan Rusak Parah di Gebang Langkat


119 view
Belasan IRT dan Anak Sekolah Turun ke Jalan Rusak Parah di Gebang Langkat
(Foto: SIB/Dok)
Turun: Sejumlah IRT turun ke lokasi jalan rusak, Minggu (12/9). Mereka meminta Bupati Langkat, Terbit Rencana PA dapat segera mengaspal hotmix Jalan Katib Darus di Kelurahan Pekan Gebang. 
Gebang (SIB)
Belasan ibu-ibu rumah tangga (IRT) dan anak-anak sekolah turun ke lokasi jalan rusak disertai lumpur tebal di Jalan Katib Darus Kelurahan Pekan Gebang, Kecamatan Gebang, Langkat, Minggu (12/9).

Jalan rusak diperkirakan sepanjang 3 Km sehingga sulit dilalui pengguna jalan khususnya warga setempat saat mengangkut keluar hasil pertanian untuk dipasarkan.

Jalan rusak parah, itu sudah menahun, namun sejauh ini belum ada upaya perbaikan dari Pemkab Langkat maupun dari pemerintahan kelurahan setempat, ujar Dedek (44), yang ditemui wartawan di lokasi jalan rusak.

Dikatakan, infrastruktur jalan tersebut adalah akses jalan utama bagi masyarakat petani setempat termasuk pedagang yang menghubungkan 3 desa yaitu, Desa Pasar Rawa, Kelurahan Pekan Gebang, Kecamatan Gebang serta Dusun Sendayan Desa Securai Selatan, Kecamatan Babalan Langkat.

Selain sulit dilalui akibat jalan rusak, juga petani terpaksa mengeluarkan dana yang relatif besar (menurut ukuran petani), untuk biaya angkut hasil panen seperti tandan buah sawit, buah semangka dan lainnya untuk dipasarkan ke luar, ucap Rismawati Br Marpaung (39) yang diamini sejumlah temannya sesama IRT yang saat itu turun bersama ke lokasi jalan rusak.

Bukan hanya itu, lanjutnya, anak-anak sekolah pun, juga turut merasakan dampak jalan rusak berlumpur tebal itu. Mereka terpaksa melepas sepatu saat pergi dan pulang sekolah.

Pada kesempatan itu, para IRT memohon kepada Bupati Langkat Terbit Rencana PA untuk segera memperbaiki jalan rusak parah itu.

“Pak bupati, tolong perhatikan nasib para petani di daerah ini. Saat Pilkada dua tahun lalu, nyaris 100 persen warga di sini menjatuhkan pilihannya kepada Terbit Rencana-Syah Afandin, untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Langkat priode 2019-2024,” sebut salah seorang IRT tersebut.

"Masih segar dalam ingatan kami, saat masa kampanye dulu, tim sukses berjanji jika Terbit Rencana-Syah Afandin menang, jalan ini akan diaspal hotmix, tapi kenyataanya sekarang malah ruas jalan semakin rusak parah," terang Rismawati Br Marpaung. (A11/d)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com