Belum Ada Anggaran, Pemkab Izinkan Pedagang Pasar Inpres Kotapinang Bangun Kios Secara Mandiri


98 view
Radar Jogja Online
Ilustrasi Kios Pasar
Kotapinang (harianSIB.com)

Pemkab Labusel izinkan para pedagang terdampak kebakaran Pasar Inpres Kotapinang untuk merehabilitasi secara mandiri (swadaya) kios mereka masing-masing.

Pasalnya, Pemkab tidak memiliki anggaran untuk secepatnya merehabilitasi 120 lebih kios yang terbakar tersebut.

"Kemarin, kami bertemu dengan para pedagang terdampak kebakaran. Mereka meminta untuk membangun sementara secara swadaya. Pada prinsipnya kami mengizinkan, karena jika menunggu Pemkab, maka prosesnya akan sangat lama, karena anggarannya juga tidak ada," kata Kabid Perdagangan pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM, Abdi Nasution kepada wartawan, Kamis (10/6/2021).

Disebutkan, izin tersebut diberikan mengingat para pedagang sangat membutuhkan untuk secepatnya dapat berjualan kembali. Sebab, kebakaran tersebut membuat para pedagang kehilangan mata pencaharian.

Pengamatan wartawan, Jumat (11/6/2021), pasca kebakaran aktivitas perdagangan di Pasar Inpres Kotapinang, sudah normal kembali. Seluruh pedagang yang kios dan lods-nya tidak terbakar, sudah kembali menggelar dagangan.

Sementara para pedagang yang kiosnya terbakar tampak mulai membersihkan puing-puing sisa kebakaran. Beberapa pedagang bahkan sudah mulai memperbaiki kembali kios yang terbakar tersebut. (*)

Penulis
: Rudi Afandi Simbolon
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com