Belum Ada Anggaran Pengendalian Sampah di Gunung Malela


220 view
Belum Ada Anggaran Pengendalian Sampah di Gunung Malela
Foto:harianSIB.com/Putra Nainggolan
TUMPUKAN SAMPAH : Tumpukan sampah rumah tangga di jalan umum di Nagori Bangun, Kecamatan Gunung Malela, yang berulang kali terjadi meski sudah dibersihkan oleh pihak Nagori hingga kecamatan, Kamis (7/4/2022).

Simalungun (harianSIB.com)


Hingga saat ini belum ada anggaran dan fasilitas untuk pengendalian sampah di Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun.


Demikian disampaikan Camat Roi G Sidabalok kepada wartawan, Kamis (7/4/2022).


Parahnya, masih banyak masyarakat yang kurang kesadarannya dengan membuang sampah rumah tangga sembarangan ke tepi jalan umum hingga merusak pemandangan.


"Sampai saat ini belum ada fasilitas seperti truk dan fasilitas lainnya. Dari 16 nagori yang ada di Kecamatan Gunung Malela, hanya 1 Nagori yang BUMNag nya yang mengurusi sampah, " katanya.


Menanggapi adanya tumpukan sampah di jalan provinsi, Nagori Bangun, Camat mengatakan pihaknya sudah melakukan aksi pembersihan bersama dengan warga dari 2 nagori yakni Bangun dan Asilom. Di sana juga sudah dipasang plang bertuliskan larangan membuang sampah di lokasi itu. Namun, warga tetap tidak peduli dan masih membuang sampahnya di sana.


"Kita curiga, sampah rumah tangga itu sengaja dibuang," ujarnya sembari mengatakan akan meminta aparatur kecamatan maupun nagori untuk melakukan pemantauan lebih ketat. (*)


Penulis
: Putra Nainggolan
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com