Benahi Infranstruktur, Pemkab Nisut Ajukan Pinjaman ke PT Bank Sumut Rp 120 Miliar


239 view
Benahi Infranstruktur, Pemkab Nisut Ajukan Pinjaman ke PT Bank Sumut Rp 120 Miliar
Foto Dok
Bupati Nias Utara, Amizaro Waruwu
Nias Utara (harianSIB.com)

Mendukung percepatan pembangunan dan peningkatan perekonomian warga, pemerintah Kabupaten Nias Utara (Nisut) mengajukan pinjaman daerah ke PT Bank Sumut sebesar Rp 120 miliar.

Hal itu dikatakan Bupati Nisut, Amizaro Waruwu kepada jurnalis koran SIB Fabooni Zaita saat ditemui di kantornya, Rabu (27/10/2021).

Dikatakannya, pasca terjadinya musibah nonalam (pandemi) sejak dua tahun terakhir, kucuran dana ke daerah sangat terbatas. Sementara akses vital seperti jalan dan jembatan banyak dikeluhkan warga karena sulit tersentuh pembangunan. Dengan keadaan tersebut, pemerintah daerah berusaha mencari solusi untuk mengurangi beban.

"Pinjaman daerah telah diajukan ke PT Bank Sumut minggu lalu. Namun sampai saat ini belum final karena sedang berproses. Begitu juga jumlah pinjaman masih fleksibel, yakni antara Rp90 miliar dan Rp120 miliar, sebab akan disesuaikan dengan kemampuan daerah membayar setiap tahunnya," ujarnya.

Ia juga menyebutkan, jika pinjaman itu terakomodir, sasaranya hanya dua yakni pembangunan jalan, jembatan dan pembangunan pasar.

"Bukan untuk biaya operasional atau kepentingan lain," kata Amizaro seraya berharap melalui usulan tersebut, PT Bank Sumut dapat memberi perhatian kepada daerah. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com