Melalui Perubahan Ranperda Perangkat Daerah

Bobby Nasution Berharap Tercipta Tatanan Kerja yang Tidak Tumpang Tindih


151 view
Bobby Nasution Berharap Tercipta Tatanan Kerja yang Tidak Tumpang Tindih
Foto SIB/Dok Sekretariat DPRD Medan
SERAHKAN: Wali Kota Medan Bobby Nasution menyerahkan naskah nota pengantar Ranperda perubahan Perda Nomor 15 Tahun 2016 tentang Pembentukan perangkat Daerah Kota Medan kepada Ketua DPRD Medan Hasyim, Senin (3/10) di rapat paripurna DPRD Medan. 

Medan (SIB)


Dalam rangka melaksanakan tata kelelola pemerintahan (Good Governance) diperlukan perangkat daerah yang responsive dan mampu menjawab tantangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu , perlu dilakukan penataan organisasi perangkat daerah dalam mengantisipasi berbagai perubahan dan tuntutan perkembangan.

“Melalui penataan organsiasi tersebut, diharapkan kinerja pemerimtah daerah dapat menjadi lebih efektif dan efisien,”kata Wali Kota Medan Bobby Nasution saat membacakan nota pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang perubahan Perda Nomor 15 Tahun 2016 tentang Pembentukan Perangkat Daerah Kota Medan, Senin (3/10) di rapat paripurna DPRD Medan.

Menurut Bobby, birokrasi yang berhasil, berwibawa dan efektif adalah modal utama dalam melaksanakan pelayanan publik dan pembangunan secara berkelanjutan. Penataan organisasi perangkat daerah (OPD)merupakan tahap awal dalam proses reformasi birokrasi di daerah. Melalui penataan kelembagaan organisasi Pemda, diharapkan tercipta suatu tatanan kerja yang lebih teratur, tidak lagi tumpang tindih dalam soal pembagian tugas dan fungsi perangkat daerah.

“Oleh karena itu, evaluasi kelembagaan harus dilakukan mengingat tantangan dan tuntutan kebutuhan ke depan semakin berat.

Sehingga perlu adanya kajian, apakah organsiasi kelembagaan yang ada saat ini telah sesuai atau belum menjawab tantangan tersebut dengan kinerja yang optimal. Secara idela, struktur organisasi harus bersifat dinamis sebagai konsekwensi dari adaptasi terhadap dinamika perubahan lingkungan internal dan eksternal,” ucap Bobby.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com