Kunjungan Wali Kota Padang

Bobby Nasution Kenalkan Konsep Heritage Pembenahan Kawasan Kota Lama Kesawan


147 view
Bobby Nasution Kenalkan Konsep Heritage Pembenahan Kawasan Kota Lama Kesawan
Foto : Dok/Diskominfo Medan
FOTO BERSAMA : Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution dan Wali Kota Padang Hendri Septa (tengah) berfoto bersama rombongan Pemerintah Kota Padang dalam kunjungan di Balai Kota Medan, Jumat (19/11).
Medan (SIB)
Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution menerima kunjungan rombongan Pemerintah Kota Padang Provinsi Sumatera Barat di Balai Kota Medan, Jumat (19/11), yang bertujuan untuk bersilaturahmi dan menawarkan kerjasama di bidang pendidikan, perdagangan dan pariwisata.

Diketahui, rombongan yang dipimpin Wali Kota Padang Hendri Septa itu tertarik dengan konsep heritage yang diusung Bobby Nasution terkait pembenahan kawasan kota lama Kesawan, dengan menggabungkan konsep keindahan bangunan tua dan kelezatan kuliner Kota Medan sehingga menjadi "The Kitchen of Asia" untuk membangkitkan pariwisata di Kota Medan.

Pada kesempatan itu, Bobby Nasution menjelaskan, Kota Medan tidak memiliki destinasi wisata seperti gunung dan laut. Karena itu, Pemko menjadikan kawasan heritage sebagai destinasi wisata dengan menyajikan kuliner dari berbagai etnis yang ada di Kota Medan.

"Kota Medan harus memiliki kawasan yang bisa dijual untuk menopang perekonomian dalam segi destinasi pariwisata. Apalagi, Kota Medan memiliki bangunan yang bersejarah sehingga ini harus dimanfaatkan," akunya.

Ditambahkan wali kota yang didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Muhammad Sofyan, Asisten Ekbang Khairul Syahnan, dan segenap Pimpinan OPD, selain pembenahan kawasan heritage, Pemko Medan memiliki 4 program prioritas lain yaitu di bidang kesehatan, pembenahan infrastruktur, kebersihan, dan mengatasi persoalan banjir.

Diungkapkan, Pemko Medan juga memiliki 2 program penunjang yakni peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) disertai kemudahan investasi dan peningkatan daya saing serta peningkatan ketentraman dan ketertiban umum untuk Medan yang kondusif.

"Program prioritas tambahan lainnya adalah peningkatan UMKM melalui program sakasanwira (satu kelurahan satu sentra wirausaha, marketplace serta program masjid mandiri)," paparnya

Disebutkan, Pemko juga akan menyelenggarakan Pekan Kuliner Kondang yang akan menyajikan berbagai kuliner dari para UMKM yang ada di Kota Medan di halaman Gedung Warenhuis.

Sementara Wali Kota Padang Hendri Septa mengakui, maksud kedatangan pihaknya untuk mencari masukan dalam berbagai program yang dilakukan Pemko Medan, agar nanti dapat memberikan yang terbaik kepada masyarakat Kota Padang. Dengan masukan yang diperoleh, Pemko Padang dapat menyiapkan diri menjadi kota metropolitan di Sumatera Barat.

Diakui, pembenahan kawasan kota lama menjadi motivasi bagi pihaknya untuk membenahi kawasan heritage yang ada di Kota Padang, guna mewujudkan ikon Padang sebagai kota metropolitan yang heritage. (Rel/A16/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com