Buah Pisang Asal Dairi Banjiri Pasar Tradisional di Medan


177 view
Buah Pisang Asal Dairi Banjiri Pasar Tradisional di Medan
Foto: antara
Ilustrasi: Pedagang pisang.
Medan (SIB)
Selain durian, ternyata hasil pertanian Dairi seperti buah pisang barangan dan kepok (goreng) dan jenis lain kini membanjiri pasar buah di pasar tradisional di kota Medan.

Selain harga lebih murah, ternyata rasa juga cukup manis, ujar bang Ucok seorang pedagang buah pisang di pasar tradisional Jalan Cemara Medan, Kamis (9/9).

Menurut Ucok, setiap hari dia membeli 20 tandan pisang barangan, dan 20 tandan pisang kepok ditambah jenis pisang awak dari agen pisang yang datang dari Dairi.

Selain itu, pisang yang banyak dicari konsumen jenis pisang awak yang sering bisa menjadi obat lambung.
Kalau bicara harga ,tambah Ucok diakuinya murah namun mereka harus membeli secara tunai lalu diecer ke berbagai pasar tradisional di kota Medan.

Namun produk buah pisang dari Aceh memang lebih murah, tapi konsumen banyak mengeluhkan jenis pisang Aceh ada rasa "asem", beda dengan pisang dari Dairi.

Karena harga dapat bersaing, dan rasa lebih enak kita menjual ke konsumen relatif murah dengan cara barang cepat laku, ujarnya.

Diakuinya, saat ini pisang dari Dairi cukup banyak di kota Medan selain buah durian.
Sepertinya karena produksi di pertanian berupa pisang cukup menjanjikan untuk masyarakat petani di Dairi, Pemkab Dairi sudah dapat memikirkan produk makanan yang berbahan baku dari pisang, durian agar masyarakat semakin sejahtera. (A03/a)



Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com