Buka Pelatihan UP2K, Ketua TP PKK Optimis Dapat Wujudkan Keluarga Mandiri, Sejahtera dan Religius di Sergai


131 view
Buka Pelatihan UP2K, Ketua TP PKK Optimis Dapat Wujudkan Keluarga Mandiri, Sejahtera dan Religius di Sergai
Foto: Dok/Diskominfo Sergai
FOTO BERSAMA : Usai membuka pelatihan, Ketua TP PKK Sergai, Ny Rosmaida Darma Wijaya didampingi Ketua GOPTKI, Ny Aini Zetara Adlin Tambunan dan Ketua DWP, Uke Retno Faisal Hasrimy, foto bersama dengan nara sumber dan kader PKK peserta pelatihan UP2K, Selasa (21/9/2021).
Sergai (harianSIB.com)

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Ny Rosmaida Darma Wijaya membuka pelatihan upaya peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) bagi para kader PKK, Selasa (21/9/2021), di Aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati di Seirampah.

Mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, kegiatan yang diikuti 100 orang peserta tersebut dibagi dua lokasi. Sebagian peserta mengikuti secara virtual, di aula Dinas Pendidikan Sergai di Seirampah, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Turut hadir, Ketua GOPTKI Sergai Ny Aini Zetara Adlin Tambunan, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sergai Uke Retno Faisal Hasrimy, serta para narasumber dari Tim Penggerak PKK Provinsi Sumut, Dinas Kesehatan, Dinas PMP2TSP dan PT Indo Tekno Solusi.

Rosmaida menyampaikam UP2K berperan pokok meningkatkan keterampilan serta keahlian kader PKK, yang diharapkan akan berdampak pada peningkatan ekonomi keluarga melalui pemberdayaan kaum perempuan.

Menurutnya, kekuatan perempuan dalam meningkatkan ketahanan ekonomi, khsususnya ketahanan ekonomi keluarga, telah teruji. Perempuan memiliki beberapa kelebihan, seperti lebih bertanggungjawab dalam menjalankan usaha, memiliki kemampuan multi peran yaitu menjalankan lebih dari satu aktivitas dalam waktu yang sama. Kemudian, perempuan lebih cermat melihat potensi pasar dan mengelola keuangan, serta lebih sabar dalam menghadapi tantangan ataupun permasalahan dalam usaha.

"Maka dari itu, kami optimis dapat mewujudkan keluarga Kabupaten Sergai yang mandiri, sejahtera dan religius walaupun pandemi Covid-19 belum berakhir," ujarnya.

Rosmaida berharap, para peserta kader PKK yang ikut dalam pelatihan bisa menerapkan ilmu yang didapat dari narasumber dan berbagi ilmu kepada teman kader lainnya.

"Para peserta bisa mengimplementasikan dan menambah wawasan. Setiap tahun kegiatan pelatihan ini terus dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan," pungkasnya. (*)

Penulis
: Rimpun H Sihombing
Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com