Bulog Sumut Diberi Izin Kemendag Jual Beras CBP Hingga Akhir Tahun

* Sudah Terjual 6.015 Ton

117 view
Bulog Sumut Diberi Izin Kemendag Jual Beras CBP Hingga Akhir Tahun
(ANTARA FOTO/Umarul Faruq/ama/18)
Ilustrasi: Pekerja mengangkut beras impor dari Thailand di gudang Bulog Divre Jatim, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (26/2/2018).
Medan (SIB)
Bulog Sumatera Utara sampai akhir tahun diberi izin oleh Kementrian Perdagangan untuk melaksanakan KPSH (Ketersediaan Pasokan Stabilisasi Harga) untuk menjual beras CBP (Cadangan Beras Pemerintah) ke pasaran umum.

"Jadi Bulog tidak ada lagi menggelar OP (Operasi Pasar)," ungkap Kasi Sektretariat Umum dan Humas Perum Bulog Kanwil Sumut Anggi Ardiansyah kepada SIB, Senin (13/9).

Ia mengatakan, harga jual pengambilan beras jenis medium tersebut dari gudang Bulog Rp8.600 per Kg.
Dan kalau di pasaran pedagang boleh menjual di bawah HET (Harga Eceran Tertinggi) Rp 9.950 per Kg).
Disebutnya, sampai saat ini untuk Sumut sudah terjual beras medium tersebut sebanyak 6.015 ton.

Beras itu sudah banyak dijual di pasaran antara lain di Pasar Petisah, Pasar Sei Petisah dan pasar-pasar di Medan.
Menyinggung stok beras Bulog, Anggi menyebutkan, hingga saat ini sebanyak 9.308 ton cukup untuk alokasi 3 bulan ke depan. Stok beras aman, ujarnya.

Ia merinci, stok beras 9.308 ton itu terdiri dari beras CBP 7.810 to dan beras komersial 597 ton. Juga ada stok minyak goreng 1.200 liter dan gula pasir 228 ton.

Stok beras yang saat ini berada di gudang-gudang Bulog di wilayah kerja di Sumut. Dan stok beras Bulog di Sumut tidak ada impor, semua produksi dalam negeri,termasuk beras lokal yang dibeli dari petani.

Penjualan beras Bulog, katanya, selain ke pasar-pasar juga ke RPK (Rumah Pangan Kita) juga melalui online.
Ditanya jumlah RPK di Sumut, katanya, sebanyak 2159 dan RPK ini turut menjual bahan pokok Bulog antara lain beras, minyak goreng, gula pasir. (A1/a)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com