Bupati Batubara : Kalau Sayang Keluarga, Jangan Mudik


154 view
Foto Dok/Kominfo
Bupati Batubara Zahir bersama Kapolres AKBP Ikhwan Lubis dan Kadis Kesehatan Wahid Khusyairi saat meninjau vaksinasi massal Covid-19 di Tanjung Gading, Sabtu (8/5/2021).
Batubara (harianSIB.com)

Bupati Batubara Zahir meminta masyarakat mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran covid-19. Hal itu untuk kebaikan semuanya, guna penyelamatan nyawa manusia.

"Kalau sayang istri, anak, orang tua dan keluarga, jangan mudik. Virus corona tidak bergerak, yang menggerakkan itu manusia kemana-mana," kata Zahir kepada wartawan usai meninjau vaksinasi massal Covid-19 di Tanjung Gading, Sabtu (8/5/2021).

Menurutnya, ada sanksi bagi yang melakukan mudik. "Kita bersama Polri dan TNI melakukan check point di setiap pintu masuk di Kabupaten Batubara. Bagi yang tidak memiliki surat izin keluar masuk dan dokumen kesehatan, kita suruh putar balik," sebut Zahir.

Ia menyebutkan, masyarakat yang diperbolehkan bepergian saat masa larangan mudik diberlakukan adalah kunjungan duka meninggal dunia, pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan serta bagi yang bekerja. Namun, ada syarat yang harus dipenuhi.

Kata dia, orang sakit dan melahirkan harus ada surat rujukan dari rumah sakit dan surat izin keluar masuk dari kepala desa. Tapi, jumlah perdampingnya berbeda. Untuk sakit satu orang dan melahirkan dua orang.

Sementara, lanjut Zahir, kunjungan duka meninggal dunia, cukup surat izin keluar masuk dari kepala desa. Sedangkan, jika dia kerja, harus ada surat dari pimpinan perusahaan. (*)

Penulis
: Patar Sitorus
Editor
: bantors@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com