Peringati Hari Pahlawan

Bupati Batubara Serahkan Tali Asih kepada Pejuang Veteran


314 view
Bupati Batubara Serahkan Tali Asih kepada Pejuang Veteran
(Foto: Dok/Kominfo Batubara)
Bupati Batubara Zahir memberikan tali asih kepada pejuang veteran seusai upacara peringatan Hari Pahlawan, Rabu (10/11). 

Batubara (SIB)

Peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 dengan tema "Pahlawanku Inspirasiku" dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Batubara, Rabu (10/11).


Tidak hanya upacara bendera yang berlangsung khidmat dan mematuhi protokol kesehatan di lapangan bola kaki Limapuluh, Bupati Batubara, Zahir juga menunjukkan kepedulian terhadap pejuang veteran yang turut diundang dalam upacara itu.


Veteran yang hadir diberi tali asih dan sembako, sebagai wujud terima kasih dan penghargaan.

Bupati menjadi inspektur upacara pada peringatan hari pahlawan. Turut hadir, Wakil Bupati Oky Iqbal Prima, Ketua DPRD Safi'i, Kapolres AKBP Ikhwan Lubis dan para pimpinan OPD.


Membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial, Bupati Batubara mengatakan, negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Ratusan tahun terpecah-pecah karena politik devide et impera atau politik adu domba. Para pendiri bangsa, menyadari dengan membangun identitas, bahwa semua bersaudara, sebangsa dan setanah air.


Inilah pelajaran berharga, lidi kuat akan sulit dipatahkan jika dalam kesatuan. "Kita sadar, bahwa kita berbeda-beda, tetapi jangan sampai terpecah-pecah oleh perbedaan SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan), karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum sumpah Pemuda 1928. Kita harus terus menggelorakan semangat gotong royong serta persatuan dan kesatuan Indonesia," ujar Zahir.


Disebutkan, perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat bangsa Indonesia. Seraya mengembangkan toleransi, terhadap perbedaan yang ada dengan berdasar semboyan Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu jua.


Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, kata dia, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan semua untuk mengemban misi bersejarah "mengalahkan" musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 "Pahlawanku Inspirasiku".


Zahir menambahkan, sebagai generasi muda penerus bangsa yang lahir setelah kemerdekaan, harus bersatu padu saling bahu membahu, berjuang menjadi pahlawan. Setidaknya pahlawan keluarga, pahlawan ekonomi terlebih dahulu.


"Hal itu merupakan bagian dari upaya mengisi cita-cita perjuangan para pahlawan bangsa. Kita hormati cita-cita para pahlawan, sebagai generasi muda yang melanjutkan dan mempertahankan kemerdekaan," ungkap Bupati. (E7/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com