Bupati Deliserdang Harap Kementan Dukung Perbaikan Bendungan Sidoras

* Juga Harap Bantuan Taksi Alsintan

223 view
Bupati Deliserdang Harap Kementan Dukung Perbaikan Bendungan Sidoras
(Foto: Dok/Manalu)
DIABADIKAN: Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan (2 kiri) didampingi Asisten Ekbang Putra Jaya Manalu (1 kanan), Kadis Pertanian RS Dongoran (1 kiri) dan Kadis Ketapang Herry Lubis (2 kanan) menyerahkan proposal kepada Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi dalam kunjungan audiensi di Jakarta, Kamis (26/8). 

Lubukpakam (SIB)

Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan melakukan audiensi atau kunjungan ke Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menyampaikan beberapa harapan untuk percepatan pembangunan pertanian di Kabupaten Deliserdang.

Salah satu memohon dukungan untuk perbaikan Bendungan Sidoras, usulan proposal mencakup lima Direktorat Jenderal (Dirjen) lalu ke satu Badan dan Penyuluh di Kementan RI.

"Saya mendampingi Pak Bupati tadi langsung menghadap Pak Wakil Menteri Pertanian RI, bapak Harvick Hasnul Qolbi. Salah satu poinnya tadi yaitu mohon dukungan agar pihak Kementerian PUPR segera memperbaiki Bendungan Sidoras yang terbuat dari karet mengalami kerusakan sehingga berdampak ribuan hektare (ha) lahan pertanian kita di Kecamatan Percut Seituan," kata Asisten Ekbang Setdakab Deliserdang Putra Jaya Manalu saat dihubungi usai beraudiensi di Jakarta, Kamis (25/8).

Selain harapan soal Bendungan Sidoras, terang Manalu, proposal disampaikan ke-lima Dirjen tersebut yakni Dirjen Tanaman Pangan, Dirjen Perkebunan, Dirjen Holtikultura, Dirjen Peternakan, serta Dirjen Sarana dan Prasana Pertanian.

"Hasil pertemuan, pihak Kementerian Pertanian akan datang berkunjung ke Deliserdang. Mudah-mudahan saat kunjungan ada oleh-oleh yang dibawakan ke Deliserdang," harap Manalu.

Salah satu yang diajukan pihaknya yaitu yang lagi viral baru diluncurkan Presiden Jokowo yaitu Taksi Alsintan (alat dan mesin pertanian).

Yaitu program dari Kementerian Pertanian dalam rangka membantu menyediakan alsintan secara mandiri oleh pelaku usaha di sektor pertanian melalui fasilitasi bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Jadi alat mesin untuk memotong padi saat panen, menanam padi dan memupuk. Dan sifatnya nanti beberapa kelompok tani bisa gunakan alat itu, sumber pendanaan diharapkan dari Perbankan yang bantuan kredit ringan. Bisa difasilitasi lewat Bumdes, BUMD dan lainnya. Dan ada bantuan pertanian lainnya yang kita harapkan untuk meningkatkan produksi," terang Putra Manalu.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com