Bupati Deliserdang Minta IT Diterapkan dalam Layanan Publik


82 view
Bupati Deliserdang Minta IT Diterapkan dalam Layanan Publik
Foto: Dok/Kominfo
DIABADIKAN: Bupati Ashari Tambunan (1 kiri) diabadikan dengan narasumber Toni Dwi Susanto dalam penyamaan persepsi penyusunan aristektur SPBE di Lubukpakam, Rabu (8/9).
Lubukpakam (SIB)
Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan mengatakan melalui penyamaan persepsi dalam penyusunan arsitektur SPBE (Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik) diharapkan mempermudah dalam mengambil keputusan. Terutama memanfaatkan Information technology (IT) dalam melayani masyarakat.

“Untuk itu, manfaatkan IT dalam kehidupan sehari-hari. Dimulai dari tingkat desa dan kecamatan agar menjadikan IT sebagai alat bantu bagi kemudahan pelayanan publik,” kata Ashari saat menghadiri acara penyamaan persepsi dalam penyusunan arsitektur SPBE di Kantor Bupati, Lubukpakam, Rabu (8/9).

Hadir pada kegiatan itu Sekda Deliserdang Darwin Zein, Kadis Kominfo Miska Gewasari dan dihadiri perwakilan OPD. Sebagai narasumber dari Institut Teknologi Sepuluh November yaitu Toni Dwi Susanto dengan peserta para Camat.

Dalam pemaparannya, Toni Dwi Susanto mengatakan penerapan SPBE atau yang lebih dikenal dengan e-Government berdampak pada integrasi sistem. Implementasi SPBE yang terpadu ini bertujuan untuk mencapai birokrasi dan pelayanan publik yang berkinerja tinggi.

Mulai dari pembangunan infrastruktur hingga peningkatan kekuatan ekonomi. Sektor pemerintahan juga harus ikut berinovasi. Salah satu cara untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien adalah dengan dibentuknya SPBE.

“SPBE merupakan suatu sistem tata kelola pemerintah yang memanfaatkan teknologi informasi secara menyeluruh dan terpadu dalam pelaksanaan administrasi pemerintahan dan penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan pada suatu instansi pemerintahan,” tandas Toni. (C3/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com