Bupati Deliserdang Pastikan Penanganan Longsor di Sibolangit Berjalan Baik


99 view
Bupati Deliserdang Pastikan Penanganan Longsor di Sibolangit Berjalan Baik
Foto dok/Kominfo
TINJAU: Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan didampingi Sekda Darwin Zein bersama Dandim 0204/DS Letkol Kav Jackie Yudiantara dan OPD lainnya tinjau lokasi longsor dan memberikan pengarahan penanganan di Sibolangit, Jumat (12/11).
Sibolangit (SIB)
Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan meninjau lokasi bencana tanah longsor di Dusun III Desa Rumah Kinangkung, Kecamatan Sibolangit, Jumat (12/11) petang. Ia hendak memastikan penanganan musibah itu berjalan baik.

Kedatangan bupati diketahui untuk memastikan penanganan bencana tanah longsor telah dilakukan dengan baik. Juga memastikan tersedianya air bersih, dapur umum, posko kesehatan, juga bantuan makanan siap saji, sehingga kebutuhan dasar warga tercukupi.

"Semua stakeholder segera bekerja dengan sungguh-sungguh, sambil menunggu bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Lakukan apa yang yang bisa dilakukan agar masyarakat merasa aman," kata Ashari kepada pejabat yang hadir di lokasi bencana.

Seusai melakukan peninjauan, Ashari Tambunan bersama rombongan menyambangi rumah sementara untuk penampungan korban bencana tanah longsor. Ia berbincang-bincang kepada korban sekaligus memberikan tali asih.

Bupati beserta rombongan juga melayat ke jambur tempat disemayamkan korban atas nama Rasmiken Br Ginting yang ditemukan meninggal dunia akibat bencana tanah longsor. Ia disambut hangat oleh keluarga korban dan mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya almarhum sekaligus memberikan tali asih.

Kepala BPBD Deliserdang, Zainal Abidin Hutagalung saat dihubungi mengatakan penanganan kedaruratan di lokasi berjalan baik.

"Kegiatan hari ini lanjutan dari semalam tanggap darurat untuk memastikan proses kedaruratan berjalan baik. Kita bekerja maksimal untuk membantu para korban dan mengupayakan suasana lingkungan yang baik di lokasi," katanya.

Disebutkan Hutagalung, pihak Perkim Deliserdang sudah mendata dan akan memprogramkan apa-apa saja penanganan usai proses kedaruratan. Untuk pemulihan dan perehapan perumahan dan permukiman soal teknis di mereka.

"Dusun itu bisa kita tangani seperti sebelum longsor akan kita upayakan. Dan ini merupakan harapan bapak bupati. Pihak PUPR Deliserdang juga sudah bekerja maksimal, jalan yang tertutup sudah dibuka kembali," terangnya.

Menurutnya, bencana itu bisa terjadi karena intensitas hujan yang cukup tinggi. Dia membantah di perbukitan desa tersebut ada penebangan hutan liar. (C3/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com