Bupati Deliserdang dan Tokoh Masyarakat Ikut Menari di Pesta “Rondang Bintang”


187 view
Bupati Deliserdang dan Tokoh Masyarakat Ikut Menari di Pesta “Rondang Bintang”
Foto dok/Diskominfo
SAMBUTAN: Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan bersama sejumlah tokoh Simalungun dan anggota DPRD Deliserdang Mikail TP Purba, Agustiawan Saragih dan Kadis Kominfostan Miska Gewasari, Ketua Panitia Kurnia Boloni Sinaga dan Parlindungan Purba diabadikan saat berikan sambutan pada penutupan pesta Rondang Bintang di Bangunpurba, Sabtu (26/11) malam.

Bangunpurba (SIB)

Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan mengatakan keanekaragaman suku bangsa yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, merupakan sebuah gambaran betapa besar dan kayanya Indonesia.

Suku Simalungun adalah satu dari sekian banyak suku di Indonesia. Sebagai sebuah suku, Simalungun juga memiliki sistem kebudayaan leluhur yang sudah lama ada dan menjadi norma dalam kehidupan bermasyarakat. Seperti bahasa, kesenian, filosofi hidup yang berpengaruh pada kondisi lingkungan dan geografisnya.

"Saya berbahagia bisa hadir bersama keluarga besar masyarakat Simalungun di Deliserdang, pada Pesta Rondang Bintang Tahun 2022. Esensi tradisi ini adalah bentuk kegembiraan dan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang didapat dan juga sebagai ajang dalam pencarian jodoh bagi muda-mudi yang diwujudkan dengan mengadakan pesta," kata Ashari di hadapan para tokoh dan masyarakat Simalungun pada penutupan Pesta Rondang Bintang I Tahun 2022 di Balai Bolon, Bangunpurba, Sabtu (26/11) malam.

Bupati berharap, momentum tersebut dapat lebih mendekatkan hubungan kekerabatan, kekeluargaan dan kebersamaan antar sesama masyarakat Simalungun.

"Semoga pesta ini dapat pula mempertahankan dan memulihkan tradisi, kearifan lokal sebagai warisan orang-orangtua kita terdahulu, agar nilai-nilai dari tradisi yang masih kental tersebut tidak hilang pada generasi selanjutnya," pesan Tambunan.

Sebelumnya, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP)/Presidium Parhuta Maujana Simalungun (PMS), Marsiaman Saragih mengaku tergugah hatinya setelah mendengarkan Mars Deliserdang.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com