Sabtu, 15 Juni 2024 WIB

Bupati Humbahas Pimpin Rapat Pengendalian dan Penurunan Angka Stunting

Redaksi - Sabtu, 11 Maret 2023 20:04 WIB
234 view
Bupati Humbahas Pimpin Rapat Pengendalian dan Penurunan Angka Stunting
Foto : Dok/Pemkab
ARAHAN: Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor SE saat memberi arahan dalam rapat pengendalian dan penurunan angka stunting, di Aula Kantor Camat Parlilitan, Kamis (9/3). 
Humbahas (SIB)
Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor SE memimpin rapat pengendalian dan penurunan angka stunting, di Aula Kantor Camat Parlilitan, Kamis (9/3).

Untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Humbahas perlu ada kerjasama seluruh elemen masyarakat, kata Dosmar Banjarnahor.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Kepala UPT Puskesmas Parlilitan, dr Lisbeth Yenni Sitohang, Kepala UPT Puskesmas Hutagalung, Rostimour Manik, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Makden Sihombing SSos, Plt. Kadis PMDP2A, Parman Lumban Gaol, Plt. Kadis Kesehatan, dr. Gunawan Sinaga, Kadis Sosial, Frans Judika Pasaribu, Camat Parlilitan, Darmo Hasugian, Kepala Desa, TNI/Polri dan lainnya.

Menurut Dosmar, menurunkan angka stunting semua harus terlibat, petugas Puskesmas, Bidan Desa dan Kepala Desa harus sependapat dan satu kata untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Humbahas. Setiap Bidan Desa bekerjasama dengan Kepala Desa untuk mensosialisasikan kepada masyarakatnya bagaimana cara pola hidup sehat.

“Air bersih, buah-buahan, sayur-mayur, hewani berlimpah di daerah kita ini. Dengan ketersediaan itu, sebenarnya tidak mungkin ada stunting di sini. Siapa yang salah, ya kita semua. Ini kegagalan kita bersama. Karena tidak ada kepedulian kita kepada masyarakat khususnya kepada ibu hamil dan Balita. Mulai sekarang, kita harus bekerja serius, kita harus peduli, ini tanggungjawab bersama.

Kalau tidak ada lagi stunting, kita semua sehat, maka masa depan jauh lebih hebat. Kita harus punya tekad, termasuk semua masyarakat bahwa "Anakhon Hi Do Hamoraon di Au," yang artinya anak kita itulah yang paling berharga, katanya.

"Dikatakan, petugas Puskesmas dan Bidan Desa harus rutin melakukan pemeriksaan. Ini harus dilakukan secara terus-menerus. Tokoh agama dan tokoh masyarakat harus dilibatkan supaya sama-sama menjaga kesehatan. Bagi perokok, supaya menghindari dari anak Balita, karena asap rokok sangat mengganggu bagi kesehatan Balita termasuk ibu hamil, tutup Dosmar. (G3/d)






Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Cegah Stunting, Pelindo Gelar Edukasi Gizi Terhadap 218 Ibu Hamil
Kecamatan Namorambe Laksanakan Intervensi Penurunan Stunting di Balai Desa Jatikesuma
Labuhanbatu Masuk Nominasi 10 Besar Lomba Inovasi Daerah Tekan Stunting Tingkat Sumut
Plt Bupati Labuhanbatu Ikuti Kick Off Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting
Percepat Turunkan Stunting, Pemprov Sumut Aktivasi dan Optimalisasi Posyandu 100%
Wakil Bupati Humbahas Bacakan Nota Pengantar Atas Ranperda Pertanggungjawaban APBD TA. 2023
komentar
beritaTerbaru