Bupati LIRA: Banjir Bandang di Parapat Diduga Akibat Penebangan Pohon


394 view
Foto ist
Hotman Petrus Simbolon
Simalungun (harianSIB.com)
Bupati LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Kabupaten Simalungun, Hotman Petrus Simbolon merasa prihatin atas munculnya banjir bandang, di Kota Wisata Parapat pada Kamis 13 Mei 2021.

"Fenomena alam tersebut menunjukkan bahwa kondisi lingkungan hidup makin buruk," ujar Hotman di Pamatangraya, Jumat (14/5/2021).

Menurut dia, pemerintah pusat dan daerah harus bersinergi bersama masyarakat dan stakeholder menyelamatkan lingkungan termasuk kawasan hutan di sekitar Danau Toba untuk mencegah banjir lanjutan.
"Munculnya banjir bandang diduga akibat penebangan pohon. Alih fungsi kawasan hutan juga berpotensi memperburuk lingkungan," urai Hotman.

Persoalan banjir bandang tersebut dipandang sudah sangat mendesak untuk ditanggulangi. Hotman meminta pemerintah memberi atensi serius agar segera membenahi kerusakan lingkungan di sekitar Danau Toba. Misalnya, melakukan reboisasi terhadap hutan yang sudah rusak atau yang sudah dialihfungsikan.

"Masyarakat juga patut berperan aktif menjaga dan merawat kelestarian lingkungan sebagai bentuk kepedulian bersama menghindari bencana lanjutan," harap Hotman. (*)

Penulis
: Jheslin M Girsang
Editor
: Robert/bantors@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com