Bupati LIRA Minta DLH Sergai Benahi Truk Pengangkut Sampah Tanpa Penutup


70 view
Foto Dok
Bupati LIRA Benhard Sihotang
Sergai (harianSIB.com)

Bupati LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Benhard Sihotang meminta pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Sergai agar segera membenahi seluruh truk pengangkut sampah tanpa penutup yang selama ini dikeluhkan warga.

"Truk-truk pengangkut sampah itu harus secepatnya dibenahi dengan cara menutup bagian atas bak menggunakan terpal atau lainnya," ujarnya ketika ditemui Jurnalis Koran SIB Bonny Sembiring, Kamis (10/6/2021), di Seirampah.

Benhard Sihotang lebih lanjut menyatakan, keberadaan truk yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara dari hasil pungutan sampah itu memang dinilai sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat Serdangbedagai.

Akan tetapi, sambungnya, jika tidak memiliki penutup, maka masyarakat maupun pengendara bermotor yang ada di jalan raya bisa dibuat resah akibat aroma tidak sedap yang muncul dari tumpukan sampah tersebut.

"Sewaktu melaju di jalan-jalan umum, sampah-sampah yang tersimpan di dalam bak truk kerap berjatuhan ke badan jalan dan menebar bau yang menyengat," ucapnya.

Menurut Benhard, ketiadaan penutup truk itu tidak terlepas dari peran dan fungsi Kepala OPD dalam mengelola kinerja bawahannya. Pasalnya, Kadis Lingkungan Hidup seharusnya mampu mengambil kebijakan yang cepat dan tepat dalam mengatasi persoalan tersebut.

"Masa, untuk pengadaan terpal sebagai penutup bak truk sampah itu harus memerlukan waktu yang cukup lama. Selaku Kepala OPD, kan bisa bersikap bijak menyikapi permasalahan tersebut, sehingga pelayanan dan kenyamanan masyarakat Sergai di bawah kepemimpinan Bupati dan Wabup yang baru benar-benar terasa perubahannya," sebutnya.

Oleh karenanya, Benhard yang juga sebagai tokoh masyarakat Kecamatan Seibamban itu mengharapkan supaya DLH Pemkab Sergai dapat sesegara mungkin mengatasi keluhan masyarakat itu. Sehingga, ke depan tidak menjadi keluhan akut di tengah masyarakat, khususnya bagi yang tinggal di pinggir jalan-jalan umum. (*)

Editor
: Robert/Eva R Pelawi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com