Bupati Labuhanbatu Ikuti Rakor Antarinstansi Terkait Revitalisasi Bahasa Daerah di Sumut


269 view
Bupati Labuhanbatu Ikuti Rakor Antarinstansi Terkait Revitalisasi Bahasa Daerah di Sumut
(Foto: Dok/Diskominfo)
KENANG-KENANGAN: Bupati Labuhanbatu, Erik Adtrada Ritonga menerima plakat kenang-kenangan dari Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara Hidayat Widiyanto, pada rapat koordinasi antarinstansi terkait Revitalisasi Bahasa Daerah Sumatera Utara, Kamis (30/6), di Hotel Le Polonia, Medan. 

Labuhanbatu (SIB)

Bupati Labuhanbatu, Erik Adtrada Ritonga dan Wakil Bupati, Hj Ellya Rosa Siregar, mengikuti rapat koordinasi Antarinstansi terkait Revitalisasi Bahasa Daerah Sumatera Utara, Kamis (30/6), di Hotel Le Polonia, Medan.

Gubernur Sumatera Utara diwakili Kadis Pendidikan, Lasro Marbun dalam arahannya mengatakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim telah meluncurkan program “Revitalisasi Bahasa Daerah Berbasis Sekolah dan Komunitas".

“Artinya, kalau tidak digunakan, ya otomatis akan hilang di generasi berikutnya,” sebut Lasro, membuka Rakor tersebut di hadapan para kepala daerah dan pihak Balai Bahasa.

Lasro menyebutkan, bahasa Batak dialek Angkola, termasuk akan jadi objek revitalisasi.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara, Hidayat Widiyanto, pada kesempatan itu mengatakan implementasi pelestarian bahasa daerah harus didukung pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

Sementara itu, Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga menjelaskan revitalisasi bahasa adalah pengulangan kembali atau penghidupan bahasa daerah.

"Di Kabupaten Labuhanbatu ada beberapa bahasa daerah yang sering digunakan masyarakat, yaitu bahasa Panai, bahasa Kampung (campuran), bahasa Batak dan lain-lain," sebut Erik.

Dia menyebutkan, bahasa daerah ini bisa mempererat silaturahmi dan mempersatukan bangsa dalam kebhinekaan Republik Indonesia.

Setelah berkoordinasi, para kepala daerah menandatangani MoU (kesepahaman bersama). Bupati Labuhanbatu juga memberikan tanjak kepada Kepala Balai Sumut, Hidayat Widiyanto.

Rakor tersebut juga diikuti pihak Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Drs M Abdul Khalik, para bupati/walikota se-Sumut mewakili dan lainnya. (E5/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com