Kamis, 13 Juni 2024 WIB

Bupati Labuhanbatu Kukuhkan Kampung Siaga Bencana di Bilah Hulu

Redaksi - Minggu, 26 Februari 2023 15:06 WIB
278 view
Bupati Labuhanbatu Kukuhkan Kampung Siaga Bencana di Bilah Hulu
(Foto: Dok/Diskominfo)
RELAWAN : Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga foto bersama relawan tanggap bencana penerima bantuan saat mengukuhkan Kampun
Labuhanbatu (SIB)
Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga mengukuhkan Kampung Siaga Bencana (KSB), se Kecamatan Bilah Hulu.
Sebanyak 60 relawan tanggap bencana terdiri dari tokoh masyarakat, Linmas, Kades, Karang Taruna dan difabel, juga dikukuhkan yang ditandai penyerahan surat keputusan, Jumat (24/2), di komplek Kantor Camat Bilah Hulu, Jalan Lintas Sumatera Aeknabara.
"Pengukuhan KSB ini merupakan langkah strategis untuk menanamkan kesadaran masyarakat terhadap risiko bencana. Dengan kesadaran diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan masyarakat menghadapi potensi bencana di wilayahnya," sebut bupati.
Erik menjelaskan, pada dasarnya keberadaan KSB untuk membentuk masyarakat yang tangguh menghadapi bencana serta mampu mengantisipasi melalui proses adaptasi.
Menurutnya, pembinaan dan pembentukan KSB mutlak diperlukan di wilayah Kabupaten Labuhanbatu untuk tanggap bencana, karena masyarakat penerima dampak langsung dari bencana dan sekaligus sebagai pelaku pertama yang merespon bencana di sekitarnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Labuhanbatu Syahrizal Hasibuan melaporkan pembentukan KSB di Kecamatan Bilah Hulu telah dimulai sejak Rabu 22 Februari 2023.
Katanya, persiapan pembentukan KSB ini dilakukan dengan berbagai materi pelatihan, di antaranya pertolongan pertama pada kedaruratan, tim reaksi cepat, shelter, dapur umum, logistik dan keposkoan.
"Seluruh materi pelatihan tersebut kemudian ditampilkan di hadapan bupati dengan format kegiatan klasikal materi, praktik lapangan per divisi dan simulasi," sebut Syahrizal.
Menutup kegiatan tersebut, pihak Kemensos, Haykal menyerahkan sejumlah bantuan logistik dan peralatan shelter ke perwakilan KSB Wings Food.
Acara itu dihadiri Danramil 13 Bilah Hulu Lettu Inf Ade Manik dan forum pimpinan kecamatan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sarimpunan Ritonga, Plt Kadis Kominfo Ahmad Fadly Rangkuti, para kepala desa, Tim Tagana Provinsi Sumatera Utara, Tim Tagana Kabupaten Labuhanbatu, OKP, Ormas, tokoh masyarakat, tokoh agama, OKP/Ormas dan relawan bencana. (E5/d)


Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pj Bupati Deliserdang Kukuhkan Jabatan 73 Kades
Diduga Terlibat Peredaran Sabu, 2 Pria Ditangkap Satresnarkoba Polres Labuhanbatu
KPK Sita Kantor Nasdem dan Pabrik Sawit Diduga Milik Bupati Labuhanbatu
Erwin Siahaan Dikukuhkan Jadi Ketua DPP Ojolali Sumut
Hadiri Halalbihalal PKS, Bamsoet Dorong Persatuan Bangsa Dikukuhkan
Hj Herlina Kandar Rajo Kukuhkan DPD Bundo Kanduang Labuhanbatu
komentar
beritaTerbaru