Bupati Labuhanbatu Rapat Virtual dengan Presiden Bahas Covid-19


154 view
Bupati Labuhanbatu Rapat Virtual dengan Presiden Bahas Covid-19
(Foto: Dok/Diskominfo)
RAPAT : Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga bersama Wabup Hj Ellya Rosa dan para Asisten Setdakab mengikuti rapat virtual dengan Presiden Joko Widodo, Senin (25/10), di Kantor Bupati, Jalan Sisingamangaraja Rantauprapat. 
Rantauprapat (SIB)
Bupati Labuhanbatu, Erik Adtrada Ritonga bersama Wakil Bupati Hj Ellya Rosa Siregar dan pejabat di sekretariat daerah, mengikuti rapat secara virtual dengan Presiden Joko Widodo di kantor bupati, Jalan Sisingamangaraja Rantauprapat, Senin (25/10).

Presiden Jokowi mengatakan, kasus harian Covid-19 di Indonesia sudah menurun sejak 25 Oktober 2021. Kasus harian tercatat 460 kasus. Namun, presiden mengingatkan pemerintah daerah untuk tetap berhati-hati, karena tren dunia sedang meningkat.

“Ada tiga masalah yang menyebabkan harian Covid-19 meningkat. Pertama adalah relaksasi yang terlalu cepat, kedua adalah Prokes yang tidak disiplin lagi di negara lain akibat sudah lepas masker, yang ketiga adalah pembelajaran tatap muka. Di Brazil terjadi kenaikan 14% karena pembelajaran tatap muka,” kata Jokowi.

Jokowi kemudian memberi arahan terkait vaksinasi. Kata presiden, saat ini Indonesia sudah mencapai total 54% untuk vaksin dosis pertama dan 32% untuk vaksin dosis kedua.

Presiden juga mengingatkan kepala daerah dengan tingkat vaksinasi rendah, agar bisa dipercepat dan bisa mencapai 50% di akhir November dan 70% di akhir tahun.

Presiden Jokowi juga membahas mengenai persiapan Hari Natal dan Tahun Baru 2022. Presiden berpesan kepada semua pemimpin daerah untuk mempersiapkan, mengelola, dan mengatur sehingga berjalan dengan baik.

“Diperkirakan ada 19,9 juta orang yang ingin mudik. Antisipasi para pemimpin daerah, ingatkan warganya untuk tidak ke mana-mana,” pesan Jokowi.

Menutup arahannya, presiden juga berpesan untuk merealisasikan dan mendorong APBD agar bisa diserap dengan baik dan meningkatkan ekonomi serta untuk tetap waspada, sigap dan cepat dalam menangani Covid-19, agar tidak ada gelombang ketiga.

Rapat tersebut juga diikuti Asisten Pemerintahan Sarimpunan Ritonga para asisten Setdakab, staf ahli bupati, Plt Kadis Kominfo Rajid Yuliawan dan Kabag Protokol.

Seusai rapat, bupati mengatakan apa yang disampaikan Presiden untuk menjadi perhatian bersama dalam mengantisipasi gelombang 3 Covid-19. Masyarakat harus tetap diingatkan untuk selalu menaati protokol kesehatan. (E5/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com