Bupati Nias Utara Minta Menteri PUPR Permanenkan Jembatan Gantung Muzoi


1.043 view
Bupati Nias Utara Minta Menteri PUPR Permanenkan Jembatan Gantung Muzoi
(Amizaro Waruwu)
Bupati Nias Utara

Nias Utara (harianSIB.com)

Bupati Nias Utara (Nisut), Amizaro Waruwu meminta Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) agar meningkatkan pembangunan jembatan gantung sungai Muzoi di Desa Orahili, Kecamatan Namohalu Esiwa, Kabupaten Nisut yang rusak menjadi jembatan permanen sehingga mobilitas warga di daerah itu berjalan lancar.


Hal itu disampaikan Amizaro Waruwu kepada Jurnalis koran SIB, Fabooni Zaita, Senin (4/9/2021) menanggapi keluhan warga karena jembatan gantung yang dibangun kementerian PUPR TA 2019 lalu, roboh diterjang banjir baru-baru ini.


Dikatakan, pihaknya mengapresiasi perhatian pemerintah pusat yang telah memperbaiki jembatan tersebut dan sudah bisa dilalui.


Namun demikian, kondisi alam yang sering menyebabkan luapan banjir hingga melewati lantai jembatan, penanganan darurat tersebut kata Amizaro, dikuatirkan tidak akan bertahan lama karena lantai jembatan dan permukaan air sungai juga cukup dekat. Sehingga bisa saja sewaktu-waktu jembatan itu roboh jika terjadi banjir besar.


"Memang pemerintah daerah telah berupaya terutama menjaga keselamatan warga dan anak sekolah yang melintas, namun dengan kondisi keuangan yang sangat terbatas, pembangunan jembatan yang memiliki panjang 72 meter itu,tidaklah mudah.


Oleh karenanya, dia berharap agar kementerian PUPR segera memberi perhatian seius sehingga akses vital penghubung antar kecamatan dan puluhan desa itu dapat dibangun permanen.


Sebelumnya, jembatan gantung sungai Muzoi di Nisut, roboh akibat diterjang banjir mingg lalu membuat mobilitas warga putus total. (*)

Penulis
: Fabooni Zaita
Editor
: Robert /Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com