Bupati Samosir Lepas Tim Pembawa Pesan “The Rising Tide - A Resonance 2023” dari Lopo Inn Hotel Tomok


301 view
Bupati Samosir Lepas Tim Pembawa Pesan “The Rising Tide - A Resonance 2023” dari Lopo Inn Hotel Tomok
Pemkab Samosir
Bupati Samosir yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Tunggul Sinaga melepas secara resmi keberangkatan tim pembawa pesan The Rising Tide – A Resonance 2023, menuju Tarutung, Senin (11/9).
Samosir (SIB)
Bupati Samosir diwakili Asisten Pemerintahan Tunggul Sinaga, melepas secara resmi keberangkatan tim pembawa pesan The Rising Tide - A Resonance 2023, dari pelataran parkir Lopo Inn Hotel, Tomok, Kecamatan Simanindo menuju Tarutung, Senin (11/9).
"Atas nama Pemerintah Kabupaten Samosir, secara resmi tim The Rising Tide Indonesia kami lepas, dan semoga selamat sampai tujuan," kata Tunggul Sinaga saat melepas rombongan.
Untuk diketahui, tim pembawa pesan The Rising Tide - A Resonance 2023 bertujuan untuk mendorong aksi kerja sama berbagai pihak dalam menciptakan lingkungan yang berkelanjutan. Dengan membawa pesan "Stop Wariskan Sampah", Rising Tide akan mengakhiri perjalanan Quadrathlon (sky diving, bersepeda, berenang dan marathon) dari Sabang - Jakarta sejauh 3.141 Km dengan waktu tempuh mulai 1 September sampai 5 Oktober 2023.
Acara pelepasan tersebut merupakan bagian dari etape kedua Medan - Padang, setelah pada etape pertama telah melalui rute Sabang menuju Medan.
Adapun rute etape kedua Medan menuju Padang, tim lebih dulu singgah ke Taman Alam Lumbini, Kabupaten Karo, kemudian ke Bukit Indah Simarjarunjung dan Wisma Bahari di Kabupaten Simalungun dengan bersepeda. Kemudian dari Pelabuhan Ajibata berangkat menuju Tomok, Kabupaten Samosir yang ditempuh dengan berenang melintasi perairan Danau Toba sejauh 8.751 meter. Dari Tomok, tim kembali bersepeda menuju pit stop di Menara Pandang Tele, kemudian ke Kabupaten Humbang Hasundutan, lanjut ke Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara hingga ke Pangkalan TNI AL di Sibolga dan dari Sibolga, perjalanan dilanjutkan menuju Makorem 032/Wirabraja di Kota Padang, Sumatera Barat, demikian disampaikan Tunggul Sinaga.
Sebelum dilepas, Dandim 0210/TU yang diwakili Kasdim, Mayor Arm AS Butarbutar menjelaskan bahwa tim Rising Tide akan dilepas dari Samosir menuju Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju Kota Sibolga. "Ada dua check point selama perjalanan yakni di Tele dan Polres Humbahas," katanya.
Kasdim AS Butarbutar berpesan agar para peserta tetap mengutamakan faktor keamanan dan kesehatan selama dalam perjalanan karena rute yang cukup menantang. Selain itu, kepada para peserta diharapkan agar dapat menikmati keindahan Samosir, Negeri Indah Kepingan Surga, dan bisa kembali di lain waktu untuk berlibur.
Saddiq, perwakilan The Rising Tide Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0210/TU, Pemkab Samosir dan seluruh pihak yang telah memberi sambutan hangat dan luar biasa kepada Rising Tide.
"Untuk kegiatan hari ini, kami mohon izin doa dan restu, dari seluruh pemerintah dan masyarakat, agar kami selamat selama dalam perjalanan. Kami berharap gerakan kami ini dalam mengampanyekan stop wariskan sampah agar terus dilanjutkan. Inilah salah satu bukti, bahwa kami The Rising Tide benar-benar cinta dan peduli akan lingkungan," kata Saddiq.
Turut hadir dalam acara tersebut, Pabung Kasdim 0210/TU G. Sebayang, Wakapolres Samosir Kompol ST Panggabean, Kabid Kesbang Muara Limbong, Camat Simanindo Hans R Sidabutar, dan Forkopimca Kecamatan Simanindo. (G2/a)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com