Jumat, 14 Juni 2024 WIB

Bupati Samosir Tinjau Lahan Pertanian Cabai Merah di Desa Aek Nauli

Redaksi - Rabu, 08 Februari 2023 17:28 WIB
389 view
Bupati Samosir Tinjau Lahan Pertanian Cabai Merah di Desa Aek Nauli
Foto : Istimewa
Samosir (SIB)
Bupati Samosir, Vandiko T Gultom meninjau lahan pertanian cabai merah di Desa Aek Nauli, Kecamatan Pangururan, Senin (6/2).

Bupati meninjau lokasi pertanian cabai merah yang dikelola kelompok Tani Lambue dan bertemu langsung dengan petani serta panen bersama sekaligus membeli cabai merah milik petani. Bupati mengharapkan, ke depan petani cabai merah diharapkan menggunakan pupuk organik, karena hasilnya bagus dan memuaskan.

Rusmaida Sihombing, petani cabai merah kelompok tani Lambue mengaku senang dan bangga dengan kehadiran Bupati Samosir itu. Dianya berharap perhatian pemerintah untuk membantu dalam pembuatan pupuk organik. "Saya merasa senang dengan kunjungan bupati, karena berkenan hadir melihat lahan kami," sebut Rusmaida.

Selain itu, Bupati juga meninjau produk UMKM Bangkit Marlumba di antaranya, anyaman, keripik ubi jalar, keripik kentang dan kue basah hasil kerajinan masyarakat setempat.

Program Bupati Berkantor di Desa (Bunga Desa) yang dicanangkan Bupati Samosir itu memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat, antara lain pelayanan kesehatan gratis, bantuan makanan tambahan kepada balita, pemberian makanan tambahan kepada Bumil, pelayanan administrasi kependudukan, pembukaan jalan usaha tani, penyuluhan KB, sosialisasi pembuatan pupuk organik, bantuan pertanian, bantuan pendidikan, pengurusan ijin berusaha, pelayanan pengurusan BPJS, vaksin rabies serta berbagai program pelayanan lainnya secara gratis.

Perwakilan masyarakat Desa Aek Nauli, Jhonny Sinurat menyampaikan kebutuhan masyarakat dari sisi pendidikan, kesehatan dan sarana prasarana. Jhonny meminta prioritas perbaikan jalan protokol untuk menunjang kemudahan akses bagi tenaga pendidik, masyarakat dan anak sekolah.

Ditambahkannya, bahwa masyarakat sudah merasakan peran pemerintah dalam membantu petani, terlebih dalam membuat pupuk organik untuk mencukupi kebutuhan pupuk bagi petani, sebut Jhonny.[br]



Memenuhi permintaan masyarakat, Bupati Vandiko menjelaskan terkait jalan protokol sepanjang 2 KM sudah dilakukan perkerasan dan akan disertu. Bupati Samosir juga mengerahkan alat berat untuk pembukaan jalan sesuai permintaan masyarakat. "Manfaatkan alat berat dengan baik, masyarakat juga harus rela memberikan lahan untuk pembukaan jalan. Semuanya gratis tidak ada pungutan, yang penting masyarakat bersedia menyerahkan lahannya," ujarnya.

Untuk tahun ini, Desa Aek Nauli akan disentuh dengan pembangunan rekontruksi Jalan Sibane-bane. Sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat Desa Aek Nauli, Bupati Samosir menyerahkan bantuan keuangan Rp 100 juta dan pembukaan Jalan Lumban nail menuju parluhut-luhutan.

"Kehadiran kami untuk memberikan pelayanan, menampung aspirasi masyarakat serta melihat langsung keadaan dan potensi desa. Pembangunan harus benar-benar dirasakan seluruh masyarakat di Desa Aek Nauli," jelas Vandiko.

Sebelumnya, kehadiran Bupati Samosir di Desa Aek Nauli disambut oleh Kepala Desa bersama tokoh masyarakat serta diiringi dengan tarian lanjut usia (Lansia). (G2/a)



Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Manarsar Simbolon "Turun Gunung" Daftar Jadi Balon Bupati Samosir Melalui 3 Parpol
Marudut Tua Sitinjak Sekda Kabupaten Samosir yang Baru
Kabel Listrik PLN Menjuntai Dekat ke Permukaan Tanah di Medangderas Batubara
ToTK Berakhir, Bupati Samosir Bersama Wagup Berikan Hadiah Para Pemenang
Kunker Disambut Bupati dan Wabup Samosir, Kapolda Sumut: Ciptakan Budaya Raja Melayani Raja
Penyaluran Bantuan Kemensos untuk Anak Yatim Piatu Dihadiri Bupati Samosir di Bank Mandiri
komentar
beritaTerbaru