Bupati Samosir Tinjau Lahan Pertanian Cabai Merah di Desa Aek Nauli


218 view
Bupati Samosir Tinjau Lahan Pertanian Cabai Merah di Desa Aek Nauli
Foto : Istimewa

Samosir (SIB)

Bupati Samosir, Vandiko T Gultom meninjau lahan pertanian cabai merah di Desa Aek Nauli, Kecamatan Pangururan, Senin (6/2).

Bupati meninjau lokasi pertanian cabai merah yang dikelola kelompok Tani Lambue dan bertemu langsung dengan petani serta panen bersama sekaligus membeli cabai merah milik petani. Bupati mengharapkan, ke depan petani cabai merah diharapkan menggunakan pupuk organik, karena hasilnya bagus dan memuaskan.

Rusmaida Sihombing, petani cabai merah kelompok tani Lambue mengaku senang dan bangga dengan kehadiran Bupati Samosir itu. Dianya berharap perhatian pemerintah untuk membantu dalam pembuatan pupuk organik. "Saya merasa senang dengan kunjungan bupati, karena berkenan hadir melihat lahan kami," sebut Rusmaida.

Selain itu, Bupati juga meninjau produk UMKM Bangkit Marlumba di antaranya, anyaman, keripik ubi jalar, keripik kentang dan kue basah hasil kerajinan masyarakat setempat.

Program Bupati Berkantor di Desa (Bunga Desa) yang dicanangkan Bupati Samosir itu memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat, antara lain pelayanan kesehatan gratis, bantuan makanan tambahan kepada balita, pemberian makanan tambahan kepada Bumil, pelayanan administrasi kependudukan, pembukaan jalan usaha tani, penyuluhan KB, sosialisasi pembuatan pupuk organik, bantuan pertanian, bantuan pendidikan, pengurusan ijin berusaha, pelayanan pengurusan BPJS, vaksin rabies serta berbagai program pelayanan lainnya secara gratis.

Perwakilan masyarakat Desa Aek Nauli, Jhonny Sinurat menyampaikan kebutuhan masyarakat dari sisi pendidikan, kesehatan dan sarana prasarana. Jhonny meminta prioritas perbaikan jalan protokol untuk menunjang kemudahan akses bagi tenaga pendidik, masyarakat dan anak sekolah.

Ditambahkannya, bahwa masyarakat sudah merasakan peran pemerintah dalam membantu petani, terlebih dalam membuat pupuk organik untuk mencukupi kebutuhan pupuk bagi petani, sebut Jhonny.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com