Bupati Samosir dan Nias Barat Terima Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022


337 view
Bupati Samosir dan Nias Barat Terima Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022
Foto SIB/Dok. Kominfo Samosir
PENGHARGAAN : Bupati Samosir Vandiko Gultom (kanan) menerima penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022 dari Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (kiri), Kamis (22/9) di Venue Sam Poo Kong, Semarang Jawa Tengah. 

Samosir (SIB)


Sebanyak 7 Gubernur dan 16 Bupati berprestasi mendapat penghargaan dari MNC Portal Indonesia atas inovasinya dalam membangun daerah masing-masing. Penghargaan diberikan pada malam penganugerahan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 di Venue Sam Poo Kong, Semarang Jawa Tengah, Kamis (22/9).

Bupati Samosir Vandiko T Gultom terpilih menjadi salah satu Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 kategori Wisata, berhasil melakukan inovasi dalam pengembangan wisata di Kabupaten Samosir di tengah wabah pandemi covid. Keberhasilan itu diraih melalui pembentukan dan pengelolaan Desa Wisata dengan inovatif dan lebih optimal.

Demikian disampaikan Plt Kadis Kominfo, Ricky Rumapea kepada wartawan melalui WA Group Kominfo-Pers, Jumat (23/9).

Dikatakan Ricky, melalui pengembangan sektor pariwisata yang ramah lingkungan dengan pengelolaan desa wisata dengan optimalisasi pemanfaatan potensi desa berupa kekayaan warisan budaya berupa tenun ulos, situs budaya, atraksi wisata dan pemanfaatan rumah adat sebagai home stay tetap berjalan.

Ricky juga menambahkan bahwa Pemkab Samosir terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan, peningkatan kapasitas SDM dan promosi dengan membangun jejaring dengan sinergitas dengan berbagai penthahelix kepariwisataan, aktif melakukan edukasi dan vokasi saptapesina, penerapan CHSE, Cinta budaya lokal dan pembuatan muatan lokal kebudayaan dalam kurikulum sekolah.

Dalam acara tersebut, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyerahkan langsung penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 kategori Pariwisata kepada Bupati Samosir, Vandiko T Gultom.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com