Bupati Sergai : Minat Baca yang Tinggi Berdampak Terhadap Peningkatan Kualitas SDM


117 view
Bupati Sergai : Minat Baca yang Tinggi Berdampak Terhadap Peningkatan Kualitas SDM
Foto: Dok/Diskominfo Sergai
PAPARAN : Bupati Sergai H Darma Wijaya didampingi Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Elinda Sitianur menyampaikan paparannya saat berkunjung ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI), Selasa (12/10), di Jakarta.
Sergai (SIB)
Bupati Serdangbedagai (Sergai) H Darma Wijaya mengatakan, minat baca yang tinggi akan memiliki dampak positif terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Demikian disampaikan Darma Wijaya didampingi Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Elinda Sitianur dan Kadis Pendidikan Suwanto dalam kunjungannya ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI), Selasa (12/10).

"Di masa kepemimpinan saya sebagai Bupati dan Wabup H Adlin Umar Yusri Tambunani, kami mengusung visi Sergai "Maju Terus" (mandiri, sejahtera dan religius). Untuk mewujudkan hal tersebut telah dicanangkan ke program Sapda (Sapta Dambaan) yang terdiri dari 7 program utama. Salah satunya yakni program Sekolah Mantab (mandiri, asri dan berkualitas," ujarnya.

Dengan begitu, sebut Bupati, Pemkab telah menjadikan sektor pendidikan sebagai pondasi penting dalam pembangunan daerah. Karenanya, diperlukan sarana dan prasarana yang mumpuni seperti perpustakaan.

Lanjut Darma Wijaya, untuk menggalakkan semangat literasi, saat ini sekolah-sekolah (SD-SMP) di Kabupaten Sergai sudah menerapkan kebijakan satu jam membaca buku sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung bagi para siswa.

"Minat baca masyarakat saat ini tergolong rendah karena minimnya ketersediaan bahan bacaan. Permasalahan tersebut diharapkan bisa tertanggulangi lewat pembangunan fasilitas perpustakaan yang berkualitas," ungkapnya.

Pria yang kerap disapa Wiwik ini juga menyampaikan apresiasi sekaligus terimakasih atas terkabulnya harapan masyarakat Sergai untuk memiliki fasilitas perpustakaan bertaraf nasional.

"Alhamdullilah, aspirasi masyarakat Sergai yang kami bawa hari ini (pembangunan perpustakaan) bisa terealisasikan. Insya Allah, pembangunannya akan mulai tahun 2022 bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan minat baca, terutama bagi generasi muda, sekaligus meningkatkan kualitas bidang pendidikan dan pada akhirnya juga berperan penting bagi kompetensi SDM Sergai," pungkas Darma Wijaya.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando menuturkan, kunjungan Bupati Sergai ini merupakan satu langkah dukungan terhadap visi-misi Presiden Joko Widodo untuk peningkatan kualitas SDM dalam Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024.

Dijelaskan Syarif Bando, perpustakaan itu merupakan kampus bagi siapa saja yang putus sekolah, sehingga perpustakaan harus dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Maka dari itu, ke depannya kami berharap adanya sinergi yang seimbang antara Dinas Perpustakaan dan Pendidikan, sehingga rencana untuk mewujudkan SDM unggul dapat tercapai," terangnya. (C4/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com