Bupati Sergai Datangi Kerumunan Warga di Pelayanan Adminduk


165 view
Bupati Sergai Datangi Kerumunan Warga di Pelayanan Adminduk
(Foto Dok/Wan)
DIALOG : Bupati Sergai H Darma Wijaya berdialog dengan masyarakat yang tampak berkerumun untuk mengurus surat-surat (dokumen) kependudukan mereka, Rabu (18/5), di Kantor Dinas Dukcapil Pemkab setempat. 

Sergai (SIB)

Bupati Serdangbedagai (Sergai) H Darma Wijaya mendatangi puluhan warga yang tampak berkerumun di Kantor Dinas Dukcapil Pemkab setempat, persisnya di ruang Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk), Rabu (18/5).


Hal itu dilakukannya di sela meninjau lokasi/tempat penyelenggaraan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang digelar Kamis (19/5), di kantor bupati baru, Seirampah.


"Pemkab Sergai melalui Dinas Dukcapil juga telah menyiagakan pelayanan data kependudukan, terutama layanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di 5 Kecamatan agar masyarakat lebih mudah menjangkau dan tidak harus jauh-jauh ke Kantor Dinas Dukcapil di Seirampah," ujar Darma Wijaya ketika berdialog dengan puluhan warga.


Pada kesempatan itu, Bupati Darma Wijaya turut berpesan ke para petugas supaya memprioritaskan pelayanan data kependudukan terhadap masyarakat, sehingga urusan mereka cepat selesai. "Kita harus memberikan pelayanan yang terbaik ke masyarakat," katanya.


Sementara itu, L Silitonga (39), warga asal Kecamatan Tebingsyahbandar yang sekarang menetap di Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru mengaku memanfaatkan waktu pulang kampung untuk mengurus dokumen kependudukan milik keluarganya.


"Sistem jaringan pelayanan kependudukan di kantor Camat Tebingsyahbandar sedang ada gangguan. Maka dari itu, saya diarahkan ke Dinas Dukcapil. Saya bersyukur, pelayanan di kantor ini berjalan maksimal," bebernya.


Terpisah, Kadis Dukcapil Sergai Fitriadi melalui Sekretaris Syafran mengungkapkan, masyarakat yang mengurus segala administrasi kependudukan (Adminduk) di bulan Mei ini dinilai mengalami peningkatan.


Kerumunan itu, didominasi masyarakat yang sedang berlibur dari luar daerah. Akibatnya, kondisi Kantor Disdukcapil terkesan membludak dan dikerumuni masyarakat.


Syafran pun menyebut, pihak Disdukcapil kini telah membuka pelayanan berupa perekaman dan cetak KTP di 5 kecamatan yakni di Kecamatan Perbaungan, Telukmengkudu, Tebingsyahbandar, Serbajadi serta Kecamatan Dolokmerawan.


Kemudian, akunya, di Kantor Dinas Dukcapil juga meliputi berbagai pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) seperti akta kelahiran, akta kematian, akte kawin, akte cerai, Kartu Keluarga (KK), KTP dan surat pindah serta pelayanan kependudukan lainnya.


"Meski pelayanan di tingkat kecamatan sudah disediakan, namun masih ada penilaian masyarakat pelayanan di Kantor Dinas Dukcapil lebih cepat.


Sehingga, warga yang masih liburan dari luar Sergai dan juga keluarga pemula (baru) lebih memilih mengurus Adminduk ke kantor dinas," beber Syafran sembari menambahkan, layanan Adminduk di kantor camat memang terkesan lambat akibat lemahnya jaringan internet. (C4/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com