Bupati Simalungun Bersama Kementerian PUPR Tinjau Jalan Rusak di Hutabayuraja


353 view
Bupati Simalungun Bersama Kementerian PUPR Tinjau Jalan Rusak di Hutabayuraja
Foto: Dok/Diskominfo
TINJAU: Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama PPK 1.5 Kementerian PUPR meninjau jalan rusak parah di Hutabayuraja, Rabu (7/2/2024). 

Simalungun (harianSIB.com)

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.5 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sahala Hutapea meninjau jalan rusak di Kecamatan Hutabayuraja, Rabu (7/2/2024).

Kondisi ruas jalan tersebut sangat memprihatinkan, tepatnya di Nagori (Desa) Rajamaligas dan Nagori Rajamaligas I. Badan jalan berlubang-lubang, bahkan digenangi air. Arus transportasi menjadi terganggu.

Dalam kesempatan tersebut, bupati menelusuri penyebab munculnya genangan air, hingga memerintahkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Simalungun Hotbinson Damanik untuk mengukur dan mengestimasi biaya perbaikannya.

"Kondisi jalan ini sudah sangat parah, harus segera ditangani. Sebelum anggaran turun, perlu penanganan sementara," kata Radiapoh.

Jika kelak realisasi perbaikan jalan itu, diyakini akan ada tanah masyarakat yang terkena pelebaran jalan. Karenanya, masyarakat diharapkan tidak menuntut ganti rugi lahan.

Menurut Radiapoh, Pemerintah Kabupaten Simalungun telah mengajukan permohonan kepada pemerintah pusat untuk perbaikan jalan tersebut melalui dana Inpres. Sedangkan, pengerjaan perbaikannya dimungkinkan akan dimulai pada Juni 2024 mendatang.

"Kita sudah lihat animo dan antusias masyarakat untuk mendukung perencanaan peningkatan jalan ini. Jadi, kita harapkan tidak ada lagi yang menghambat peningkatan jalan ini," urainya.

Untuk penanganan sementara, Radiapoh menginstruksikan Camat Hutabayuraja agar menggalakkan konsep "marharoan bolon" atau gotong royong membenahi jalan tersebut. Akses jalan itu cukup vital digunakan masyarakat. (*)

Penulis
: Jheslin M Girsang
Editor
: Wilfred/Bantors
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com