Bupati Simalungun Inginkan Pejabat Eselon II Kompeten dan Profesional


265 view
Bupati Simalungun Inginkan Pejabat Eselon II Kompeten dan Profesional
Foto Dok
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga
Simalungun (harianSIB.com)

Sebanyak 27 pejabat pimpinan tinggi pratama (eselon II) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Simalungun mengikuti uji kompetensi di Balei Harungguan Djabanten Damanik Pamatangraya, Kamis (21/10/2021).

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga berharap, uji kompetensi tersebut nantinya dapat menghasilkan pejabat eselon II yang berkompeten dan profesional.

"Mekanisme sudah sesuai dengan aturan. Harapan kita bisa mendapatkan pejabat yang kompeten dan profesional,” tutur Bupati.

Dijelaskan, salah satu hal penting dalam menciptakan birokrasi pemerintahan yang efektif dengan memilih aparatur berdasarkan merit system.

Merit system adalah kebijakan dan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar tanpa membedakan latar belakang politik, ras, agama, asal usul dan jenis kelamin.

"Merit system bertujuan untuk membangun sumber daya manusia aparatur dan mewujudkan pegawai ASN yang profesional, berintegritas, netral dan berkinerja tinggi," ujar Bupati.

Adapun metode teknik pelaksanaan kegiatan uji kompetensi yakni penulisan makalah, assesmen center, wawancara dan rekam jejak.

Uji kompetensi untuk mengetahui sejauh mana potensi dari pejabat pimpinan tinggi pratama di antaranya potensi kemauan belajar, kemampuan analisa, verbal, numerik, motivasi berprestasi dan kemandirian.

Selain itu, uji kompetensi untuk mendalami sistematika kerja, komunikasi, kematangan emosi, kemampuan menjalin hubungan interpersonal, penyesuaian diri terhadap lingkungan kerja, kerjasama, tanggungjawab, rasa, koordinasi, percaya diri dan pengambilan keputusan yang tepat. (*)

Penulis
: Jheslin M Girsang
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com