Bupati Simalungun Pimpin Rapat Evaluasi Pendapatan Daerah


226 view
Bupati Simalungun Pimpin Rapat Evaluasi Pendapatan Daerah
Foto: Dok/Diskominfo
RAPAT EVALUASI : Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga (kiri) memimpin rapat evaluasi pendapatan daerah di Jalan Suri-Suri Pematang Simalungun, Kecamatan Siantar, Selasa (8/3). 

Simalungun (SIB)

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga memimpin rapat evaluasi pendapatan daerah di rumah dinas Wakil Bupati Simalungun di Jalan Suri-Suri Pematang Simalungun, Kecamatan Siantar, Selasa (8/3).


Peserta rapat di antaranya, Sekretaris Daerah Simalungun, Esron Sinaga, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Frans N Saragih, Staf Ahli Bupati, Wasin Sinaga, Kepala Dinas PUPR, Hotbinson Damanik, Kepala Dinas Perizinan, Pahala Sinaga, Kepala Dinas PSDA, Djamahaen Purba dan Plt Kepala Dinas Kominfo, Sahat ML Simangunsong.


Dijelaskan bupati, beberapa sektor pendapatan yang berpotensi mendorong peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) seperti pajak hotel, reklame, hiburan dan lainnya harus dapat diakomodir dengan baik.


“Setiap OPD (organisasi perangkat daerah) bersinergi menangani pendapatan pajak. Kita harus bisa merujuk sebuah acuan yang bisa dicontoh dalam peningkatan pendapatan. Perbaikan tarif pajak disesuaikan. Tidak mungkin rumah mewah tarif pajaknya sama dengan rumah sederhana," urai bupati, seperti dilansir dari harianSIB.com.


Terkait izin mendirikan bangunan (IMB), bupati meminta camat, lurah dan pangulu agar mensosialisasikannya kepada masyarakat. Sektor IMB salah satu penyumbang PAD yang cukup besar.


Menurut bupati, diperlukan juga pendataan ulang setiap sektor agar dapat dilihat persentase kenaikan pendapatan yang diperoleh.


“Sektor paling banyak kita dapat dari penarikan pajak bangunan. Sampaikan kepada semua camat dan pangulu untuk mensosialisasikan bagaimana supaya masyarakat mau menerbitkan sertifikat tanahnya sesuai ketentuan yang berlaku,” ujarnya.


Selain Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), diperoleh juga pendapatan lain dari sektor pengelolaan sampah. (SS15/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com