Bupati Simalungun Sampaikan Nota Jawaban atas Pemandangan Umum Fraksi DPRD


142 view
Bupati Simalungun Sampaikan Nota Jawaban atas Pemandangan Umum Fraksi DPRD
Foto SIB/Bambang J Sitanggang
BACAKAN : Sekretaris Daerah Simalungun, Esron Sinaga membacakan nota jawaban bupati atas pemandangan umum fraksi DPRD pada rapat paripurna di Pamatang Raya, Jumat (23/9).

Simalungun (SIB)


Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan nota jawaban atas pemandangan umum fraksi DPRD tentang rancangan peraturan daerah (Ranperda) Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P-APBD) Tahun Anggaran 2022 pada rapat paripurna di Pamatang Raya, Jumat (23/9).

Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Simalungun Elias Barus bersama Wakil Ketua DPRD Sastra Joyo Sirait.

Bupati Simalungun dalam nota jawabannya dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Esron Sinaga atas pemandangan umum fraksi DPRD terkait sikap Pemkab Simalungun tentang pemilihan pangulu nagori (Pilpanag) atas 248 nagori yang sudah berakhir masa baktinya. Bupati menyampaikan bahwa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Nagori (DPMPN) sedang menyiapkan petunjuk teknis (Juknis) Pelaksanaan Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag).

Lebih lanjut disampaikan bupati, Pemkab Simalungun akan membentuk panitia pemilihan serentak tahun 2022/2023 sebanyak 248 nagori tingkat kabupaten dan pada akhirnya bupati akan mengeluarkan surat keputusan tentang tahapan pelaksanaan Pilpanag dimaksud.

Kemudian 245 pangulu yang telah berakhir masa jabatannya pada tanggal 16 Agustus 2022 yang lalu, sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku telah dihunjuk penjabat pangulu dan telah dilakukan serah terima jabatan. Serah terima jabatan adalah penyerahan dan penerimaan tentang jabatan, tanggung jawab dan wewenang dari pejabat lama ke pejabat baru demi keberlangsungan jalannya roda pemerintahan nagori.

Namun demikian, apabila ditemukan hal-hal yang bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam masa jabatan pangulu sebelumnya adalah menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari yang bersangkutan.

Usai Sekda membacakan nota jawaban bupati, Wakil Ketua DPRD Simalungun Elias Barus menutup rapat.(D4/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com