Bupati Simalungun Sebut Masalah Tanah Perlu Penanganan Khusus


124 view
Bupati Simalungun Sebut Masalah Tanah Perlu Penanganan Khusus
Foto: Dok/Diskominfo
 COFFEE MORNING: Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Forkopimda "coffee morning" di Aula Andar Siahaan Mapolres Simalungun, Selasa (16/5/2023). 

Simalungun (harianSIB.com)

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan, masalah (konflik) tanah sangat sensitif sehingga perlu penanganan khusus.

Hal itu dikatakannya saat "coffee morning" bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Aula Andar Siahaan Mapolres Simalungun, Selasa (16/5/2023).

Menurut bupati, masalah tanah tidak hanya terjadi di perusahaan swasta maupun negara. Namun, juga sering terjadi di antara keluarga.

"Dari sudut mana kita memandangnya, sehingga bisa mengurai darimana kita masuk untuk menyelesaikan konflik tanah," urainya.

Untuk menangani soal tanah, katanya, harus dibentuk tim. Forkopimda dinilai perlu membentuk wadah yang khusus menangani masalah tanah.

Terkait konflik tanah di Sihaporas, menurut Radiapoh, Pemkab Simalungun telah berulangkali turun ke lokasi dan bertemu dengan pihak yang bersengketa untuk mencari solusi penyelesaiannya.

"Karena memang secara administrasi dan hukum, dibutuhkan juga mediasi kekeluargaan untuk menyelesaikan konflik tanah di Simalungun," urainya.

Dalam kesempatan itu, ia meminta instansi terkait untuk mendata aset-aset dari Pemerintah Kabupaten Simalungun. Jajaran camat diharapkan melakukan pemetaan terhadap tanah secara detail.

Penulis
: Jheslin M Girsang
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com