Bupati Tapsel Tinjau Kesiapan Penyaluran Hewan Kurban


215 view
Bupati Tapsel Tinjau Kesiapan Penyaluran Hewan Kurban
(Foto: Dok/Humas Pemkab Tapsel)
CEK HEWAN KURBAN: Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu  mengecek kesiapan hewan kurban di kandang, di Desa Huta Godang, Batangtoru, Senin (19/7/2021). 
Tapanuli Selatan (harianSlB.com)
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu meninjau lokasi kandang sapi kurban yang akan didistribusikan ke-15 kecamatan untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1442 H, di Desa Huta Godang, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapsel, Senin (19/7/2021).

Dolly mengatakan, kesiapan dan kondisi 49 ekor sapi yang akan diserahkan ke lokasi penyembelihan hewan kurban telah sesuai aturan. Ke-49 ekor sapi dalam keadaan sehat dan akan didistribusikan ke daerah yang telah terinventarisir sebelumnya.

Hewan kurban tersebut merupakan sumbangan keluarga Bupati, Wakil Bupati, Sekda, pegawai ASN Tapsel, ASN Kemenag Tapsel, PT Agincourt Resources dan PT NSHE.

Dolly menambahkan, pembagian hewan kurban itu bagian dari safari kurban yang mulai tahun 2021 ini dicanangkan. Sasarannya adalah daerah-daerah yang ekonomi masyarakatnya terdampak pandemi Covid-19 dan daerah yang belum pernah diadakan kurban.

Adapun desa dan kelurahan yang telah tercatat untuk menerima sapi kurban yaitu Desa Hapesong Baru ( Kecamatan Batang Toru), Gunung Binanga ( Kecamatan Marancar). Kelurahan Sangkunur (Angkola Sangkunur), Desa Sipangko (Angkola Muara Tais), Desa Aek Badak Julu (Sayur Matinggi), Tapus Pargarutan Dolok (Angkola Timur).

Desa Kilang Papan (Sipirok), Panabari Huta Tonga (Tantom Angkola), Kampung Aek Kapur Desa Sihuik-huik (Angkola Selatan), Desa Damparan Haunatas (SD Hole). Desa Dalihan Natolu (Arse), Desa Siuhom (Angkola Barat), Desa Tolang (Aek Bilah), MTsN Batang Angkola (Batang Angkola), dan Desa Pardamean (Muara Batang Toru).

Untuk kurban yang disalurkan oleh PT Agincourt Resources dibagikan kepada 15 desa yang berada dilingkar tambang. Dan setiap kurban yang didistribusikan mengikutkan 2 orang Marbot Masjid sebagai peserta kurban. Hewan kurban yang dipersiapkan PT. NSHE dipusatkan disekitar daerah Sipirok, Marancar, Batang Toru dan Angkola Sangkunur.

Dolly berharap, kegiatan seperti itu dapat terus dilanjutkan seperti safari ramadan, maulid nabi, muharram, maupun Isra Mikraj. (*)


Penulis
: Nimrot Siregar
Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com