Bupati Taput Tanda Tangani Prasasti Monumen Sing Sing So

*Mengenang Komponis Lengendari Siddik Sitompul

290 view
Bupati Taput Tanda Tangani Prasasti Monumen Sing Sing So
Foto SIB/ Posma Simorangkir
TANDA TANGAN: Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan  menandatangani prasasti monumem Sing Sing So mengenang komponis legendaris Siddik Sitompul (S.Dis)  disakaikan Junita Sitompul dan Bosra Sitompul mewakili pomparan S.Dis dihadiri Asisten III Parsaoran Hutagalung, Kadis Pariwisata Yunus C Hutauruk dan Kadis Pemuda dan Olahraga Tonny Simangunsong, Kamis (11/11/2021) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Taput di Tarutung.
Tarutung (harianSIB.com)

Orang Batak pasti pernah mendengar lagu Sing Sing So. Hinga kini lagu tersebut sudah puluhan tahun sejak dirilis penciptanya Siddik Sitompul yang lebih dikenal dengan nama S. Dis masih mengumandang ditengah orang Batak bahkan belahan dunia.
Untuk mengenang karya-karya besar S.Dis sebagai komponis legendars dari tanah Batak, keluarga besar keturunan S.Dis membangun monumen di Sigompulon, Pahae Julu, Kabupaten Tapanuli Utara.
Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan didaulat keturunan S.Dis menandatangani prasasti monumem Sing Sing So, Kamis (11/11/2021) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Taput di Tarutung.
Jurnlia Koran SIB Posma Simorangkir melaporkan, penandatanganan disaksikan putri S.Dis Junita Sitompul dan cucunya Bosra Sitompul mewakili pomparan S.Dis dihadiri sejumlah OPD Pemkab Taput antara lain Asisten III Parsaoran Hutagalung, Kadis Pariwisata Yunus C Hutauruk dan Kadis Pemuda dan Olahraga Tonny Simangunsong.
Bupati Taput Nikson Nababan mengakui suatu kebanggaan baginya secara pribadi maupun sebagai Bupati Taput dimana keluarga seorang komponis legendaris yang lagu ciptaannya terkenal dan terdengar dimana-mana datang ke rumah dinas bupati.
"Ini suatu kehormatan bagi saya menandatangani prasasti monumen seorang legenda. Monumen tersebut menjadi bukti sejarah bagi generasi selanjutnya bahwa ada seorang komponis yang melegenda," sebutnya sembari menyebutkan kesempatan menandatangani prasasti monumen Sing Sing So bukan semata kediriannya sebagai Nikson Nababan atau selaku Bupati Taput, tapi karena petunjuk Tuhan.
Atas dasar itupun, Nikson berpesan agar setiap orang dapat menekuni suatu profesi secara baik dan sungguh-sungguh. "Apapun profesi yang dikerjakan secara jujur akan menjadi sejarah dan legenda bagi anak cucu juga ditengah masyarakat luas," ungkapnya.
Bupati mengajak OPD suatu waktu meninjau menomen tersebut guna melihat bangunan fisik dan jika ada yang perlu dibenahi agar dibenahi melalui anggaran Pemkab Taput.
Pada kesempatan itu putri S.Dis, Junita Sitompul sebagai yang mewakili keluarga mengucap syukur kepada Tuhan Yesus yang sudah mengijinkan prasasti monumen ditandatangani Bupati Taput.
"Satu kehormatan besar bagi keluarga karena Bupati Taput menghormati ciptaan S.Dis yang menjadi legenda bagi keluarga dan orang batak. Salah satu lagu ciptaan S.Dis yaitu O tano batak sudah seperti lagu nasional orang batak," sebutnya.
Junita mengucapkan terimakasih kepada Nikson Nababan dan berdoa kiranya diberkai Tuhan dalam memimpin Tapanuli Utara memajukan Tanah Batak menjadi daerah maju diantara provinsi di Indonesia.
Ia mengakui dengan monumen tersebut S. Dis akan semakin dikenang dan Bupati Taput akan dikenang keluarga dan warga Pahe Julu sekitarnya karena sudah menghargai ciptaan S. Dis.
Ungkapan yang sama juga disampaikan cucu S.Dia, Bosra Sitompul dan menyebut
Tuhan yang memberi talenta kepada S.Dis sehingga dimampukan menciptakan lagu-lagu yang melegenda. (*)

Editor
: Robert /Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com