Bupati Vandiko Dukung GAMKI Adakan Temu Nasional dan Festival Ekonomi Gotong Royong di Samosir


426 view
Bupati Vandiko Dukung GAMKI Adakan Temu Nasional dan Festival Ekonomi Gotong Royong di Samosir
Foto: Dok/Suryani
FOTO BERSAMA: Ketua Umum Panitia Pelaksana Temu Nasional dan Festival Ekonomi Gotong Royong GAMKI, Suryani Paskah Naiborhu, dan panitiaberfoto bersama jajaran Pemkab Samosir, saat audiensi, Jumat (20/5/2022), di Kantor Bupati Samosir. 

Medan (harianSIB.com)


Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom S.T, memberikan apresiasi dan mendukung Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) yang mengadakan Temu Nasional dan Festival Ekonomi Gotong Royong, di Rogate Beach Hotel, Jalan Raya Ambarita, Samosir, pada Juni 2022. Kegiatan yang akan dihadiri menteri dan para pengusaha nasional tersebut, diharapkan dapat semakin mengangkat berbagai potensi ekonomi dari Samosir.


Hal itu terungkap saat Ketua Umum Panitia Pelaksana Temu Nasional dan Festival Ekonomi Gotong Royong GAMKI, Suryani Paskah Naiborhu, yang didampingi anggota panitia lainnya mengadakan audiensi dengan Bupati Samosir diwakili Penjabat Sekda Kabupaten Samosir, Hotraja Sitanggang; Sekretaris Bappeda, Parsaoran Rumapea, dan Bagian Pemerintahan, Dewi Junita Sinaga, Jumat (20/5/2022), di Kantor Bupati Samosir.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Panitia, Alex Ramandey yang juga sebagai Wasekum DPP GAMKI; Wakil Sekretaris Panitia Hamonangan Sinaga, dan Wakil Ketua Panitia Jeremia S Tobing.


Suryani Paskah Naiborhu yang juga Wakil Bendahara Umum DPP GAMKI ini mengatakan, dalam pertemuan itu, Bupati Samosir diwakili Penjabat Sekda, Hotraja Sitanggang, sangat antusias atas penyelenggaraan Temu Nasional dan Festival Ekonomi Gotong Royong di Samosir. Kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk mengenalkan berbagai potensi ekonomi, khususnya yang berkaitan dengan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu.


Suryani mengatakan, dalam kesempatan itu, Hotraja juga menjelaskan berbagai potensi ekonomi khas dari Samosir. "Di antaranya kerajinan tenun, pembuatan ukiran pahat khas Batak, pembuatan alat-alat musik tradisional khas Batak, kuliner dan UMKM yang bergerak di sektor pertanian," ujarnya, Jumat (20/5/2022).


Suryani mengatakan, saat ini terdapat sekitar 47 desa wisata di Samosir yang masuk dalam tahap rintisan. Beberapa di antaranya masuk dalam kategori desa wisata mandiri. Salah satunya adalah Desa Wisata Bagot di Parlondut, Pangururan, Samosir.


"Di desa ini, wisatawan dapat menikmati produk olahan nira yang disebut bagot. Minuman ini juga disebut arak atau tuak. Wisatawan dapat menikmati bagot dan aneka kuliner khas Batak. Ini merupakan potensi ekonomi yang perlu dioptimalkan untuk menarik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara," ujarnya.


Suryani menambahkan, dalam audiensi itu Penjabat Sekda, Hotraja Sitanggang juga mengatakan untuk mengoptimalkan potensi ekonomi tersebut, pihaknya membutuhkan dukungan dari banyak pihak. Bentuk dukungan tersebut terutama dalam bentuk pembinaan untuk meningkatkan kualitas produk dan membantu dari sisi pemasaran.


Dalam kesempatan itu, kata Suryani, dirinya juga menjelaskan kegiatan berskala nasional ini juga dihadiri Menteri BUMN, Erick Thohir dan menteri lainnya, para pengusaha nasional, badan usaha milik negara (BUMN) maupun pihak swasta.


"Kita berharap dari Temu Nasional dan Festival Ekonomi Gotong Royong yang diadakan GAMKI ini, banyak UMKM, khususnya dari Samosir, yang bisa memperoleh pendampingan. Sehingga dengan demikian kualitas produk dari Samosir dapat semakin meningkat dan jangkauan pemasarannya semakin luas. Dalam kegiatan itu juga kita hadirkan para pengusaha nasional yang akan membagi pengalaman dan kiat-kiat agar sukses menjalankan usahanya," tuturnya.


Menurut Suryani, keberadaan Danau Toba sebagai salah satu destinasi super prioritas harus dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mengoptimalkan potensi ekonomi daerah, khususnya Samosir. Dengan demikian akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Hal ini yang mendorong DPP GAMKI mengadakan Temu Nasional dan Festival Ekonomi Gotong Royong di Samosir.


"Dan kita bersyukur bahwa rencana ini mendapat dukungan oleh Pemkab Samosir," kata Suryani. (*)


Penulis
: Donna Hutagalung/Rel
Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com