Bupati dan Ketua DPRD Simalungun Tinjau Ternak Sapi Terjangkit PMK


171 view
Bupati dan Ketua DPRD Simalungun Tinjau Ternak Sapi Terjangkit PMK
(Foto: Dok/Diskominfo)
TINJAU: Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga (tengah) meninjau ternak sapi di Dusun 4, Desa Silulu, Kecamatan Gunung Malela, Sabtu (25/6/2022).

Simalungun (hadianSIB.com)

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani meninjau ternak sapi terjangkit penyakit kuku dan mulut (PMK) di Dusun 4, Desa Silulu, Kecamatan Gunung Malela, Sabtu (25/6/2022).

Dalam kesempatan itu, dipantau langsung ternak sapi milik warga, Samsiah. Alhasil, diketahui sekira 50 persen ternak sapinya terjangkit PMK.

Radiapoh mengatakan, Pemkab Simalungun melalui Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Perikanan (Hanpangkanter) melakukan penanganan PMK dan melaporkannya ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar segera mendistribusikan vaksin PMK.

"Masyarakat tidak perlu was-was tentang penyebaran PMK, karena menurut para medis atau dokter hewan, PMK tidak menular kepada manusia dan aman untuk dikonsumsi," tuturnya.

Namun, katanya, diperlukan penanganan yang baik terhadap ternak yang mengalami gejala PMK.

Sementara itu, Timbul Jaya Sibarani mengungkapkan, pemerintah harus memberikan perhatian serius terkait PMK yang sudah masuk di wilayah Simalungun. Dinas Hanpangkanter diminta harus merespon keluhan peternak.

"Supaya dilakukan vaksin kepada hewan ternak. Jika ternak mengalami gejala PMK agar dikandangkan supaya lebih efektif dalam penanganannya dan tidak menular ke hewan lainnya," pesan Sibarani. (*)

Penulis
: Jheslin M Girsang
Editor
: Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com