PSU Pilkada Labuhanbatu Selesai

Cabup Erik Adtrada Ritonga Tenangkan Massa, Ingin Rangkul Paslon Andi Suhaimi-Faizal Amri


361 view
Cabup Erik Adtrada Ritonga Tenangkan Massa, Ingin Rangkul Paslon Andi Suhaimi-Faizal Amri
(Foto: Dok/Upas)
TENANGKAN MASSA: Calon Bupati Labuhanbatu dr H Erik Adtrada Ritonga MKM didampingi Ketua DPC Partai Gerindra Abdul Karim Hasibuan dan tim pemenangan, menenangkan massa pendukung untuk tidak bereuphoria, tetapi bersabar menunggu penetapan KPU dan keputusan MK yang akan memutuskan pemenang Pilkada Labuhanbatu, Sabtu (19/6) malam di Posko Pemenangan ERA, Jalan Padangmatinggi Rantauprapat. 
Rantauprapat (SIB)
Pemungutan suara ulang (PSU) jilid 2 Pilkada Labuhanbatu telah selesai dengan aman, Sabtu (19/6). PSU yang kedua kalinya ini dimenangkan pasangan calon (paslon) bupati-wakil bupati nomor urut 2, dr H Erik Adtrada Ritonga MKM-Hj Ellya Rosa Siregar MM.

Perjalanan panjang Pilkada Labuhanbatu mulai 9 Desember 2020 hingga 19 Juni 2021, menduduki skor 2-1. Paslon nomor 2, Erik Adtrada-Ellya Rosa (ERA) 2 kali menang dalam 2 kali pemungutan suara ulang (PSU). Sedangkan rivalnya, pasangan petahana, paslon nomor 3 H Andi Suhaimi Dalimunthe ST-Faizal Amri Siregar ST (ASRI) menang pada Pilkada 9 Desember 2020.

Pasangan ERA menggugat kemenangan ASRI dan Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU Labuhanbatu melaksanakan PSU pada 9 TPS. PSU ini yang digelar 24 April 2021 itu dimenangkan ERA. Kemudian kemenangan ERA digugat ASRI dan terjadi lagi PSU atas putusan MK Nomor: 141/PHP.BUP-XIX/2021 tanggal 3 Juni 2021 dan hasilnya dimenangkan ERA dengan selisih 30 suara. ERA memperoleh 440 suara dan ASRI mendapat 410 suara.

Apakah akan ada gugatan lagi ke MK, belum diketahui. Namun hingga Minggu (20/6) sore, tidak ada pengaduan dugaan pelanggaran PSU 19 Juni 2021 ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Labuhanbatu dari pihak paslon 2 maupun paslon 3.

"Laporan pelanggaran pelaksanaan PSU 19 Juni sampai saat ini belum ada," kata Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Labuhanbatu, Fahrizal Sahputra Rambe saat dihubungi SIB.

Situasi di Posko Pemenangan ERA ramai pendukung setelah selesai penghitungan perolehan suara PSU di TPS 007 dan TPS 009 Kelurahan Bakaranbatu, Sabtu (19/6) sore. Hingga Minggu (20/6) malam posko itu juga ramai pengunjung.

Erik Adtrada kembali menenangkan tim pendukungnya untuk tidak bereuphoria, namun tetap tenang dan santun, serta mematuhi protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran virus corona (Covid-19).

"Saya meminta kita semua tim ERA dan pendukung untuk tidak bereuphoria. Banyak sudah irisan-irisan di hati masyarakat, untuk itu mari kita saling rangkul dan tetap menjalin silaturahmi dengan baik terhadap seluruh warga Labuhanbatu," sebutnya.

Pada kesempatan itu, Erik juga menyatakan niat baiknya untuk merangkul paslon lainnya termasuk paslon Andi Suhaimi-Faizal Amri Siregar untuk dapat menjaga Kamtibmas dan untuk bersama-sama membangun Kabupaten Labuhanbatu yang lebih baik.

"Kalau diizinkan Allah SWT, saya ingin bertemu merangkul pasangan Andi Suhaimi-Faizal Amri untuk bersama-sama kita membangun Labuhanbatu ini,” ungkap Erik disambut aplus massa pendukungnya.

Dia menenangkan massanya agar bersabar menunggu penetapan perolehan suara dari KPU dan keputusan Mahkamah Konstitusi yang akan memutuskan pemenang Pilkada Labuhanbatu. (E5/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com