Caleg dari Tokoh Nias di Dapil Sumut 2 Peluangnya Tipis Masuk ke Senayan

* Terbanyak, Andar A Harahap dan Lamhot Sinaga Bersaing

1.063 view
Caleg dari Tokoh Nias di Dapil Sumut 2 Peluangnya Tipis Masuk ke Senayan
Foto: iStockphoto/Abudzaky Suryana
Ilustrasi 

Nias (SIB)

Kendati hasil penghitungan suara Caleg DPR RI masih 44,44 % yang masuk ke KPU, tapi sejumlah pihak mulai menyangsikan tokoh-tokoh Nias dari Dapil Sumut 2 dapat menembus senayan pada Pemilu 2024.

Hal ini memang jauh hari telah dikhawatirkan banyak kalangan, sebab sekitar sepuluh orang lebih tokoh Nias yang maju menjadi Caleg dari Dapil Sumut 2, sehingga suara dari Kepulauan Nias akan terpecah.

Menyikapi hal itu, tokoh masyarakat Kepulauan Nias, Faduhusi Daeli yang diminta komentarnya, Jumat (23/2) menyayangkan belum adaya kekompakan untuk mendudukkan perwakilan tokoh Nias ke DPR RI.

"Hasilnya selalu nihil (pada Pemilu), belum ada kekompakan sesama kita. Bukan kita tolak dari luar Nias. Kita NKRI," katanya kepada Koran SIB.

Namun menurutnya, saat ini proses pengitungan KPU masih berlanjut. Informasi sementara menurutnya, masih ada satu orang tokoh Nias yang diharapkan memperoleh suara cukup.

Sesuai Hasil Hitung Suara Legislatif DPR RI 2024 pada aplikasi Pemilu2024.kpu.go.id, penghitungan terakhir Kamis (22/2) pukul 23.00 WIB dengan progres 44,44 % (6.928 TPS dari (15.590 TPS).

Dari aplikasi itu terlihat perolehan suara tokoh Nias Dapil Sumut 2 terbanyak diraup oleh Ilham Mendrofa dari Demokrat sebanyak 14.300 suara, sementara beberapa rekan separtainya memperoleh suara di atasnya antara lain, Sabam Sinaga 18.532 dan Ongku Hasibuan 12.482.

Tokoh lainnya, Idealisman Dachi sebagai Caleg Partai Golkar hanya memperoleh suara 4.999, sementara Caleg satu partai dengannya mendapatkan suara lebih besar yakni, Andar Armin 51.126, Lamhot Sinaga 48.752.

Perolehan suara Andar A Harahap sekaligus menjadi yang terbanyak sementara di Dapil 2 disusul Lamhot Sinaga.

Sejumlah Caleg dari kalangan masyarakat Nias lainnya masih berada di bawah 5.000 suara atara lain, Turunan Gulo dan Beesokhi Ndruru (PDIP), Dermawati Harefa (Gerindra), Sokhiatulo Laoli (Demokrat), Melianus Telaumbanua (Nasdem) dan Barnabas Sihura (PAN).

Terpantau juga, Caleg dari partai yang disebut-sebut tidak lolos parlimentary treshold memiliki suara yang masih rendah atara lain, Leader Daely dan Sozanolo Ndruru, Selamat Ndruru (Perindo) dan Taroni Buulolo (Garda Republik Indonesia).

Mengingat progres penghitungan masih 44,44%, posisi perolehan suara masih dimungkinkan bergeser secara besar. (**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com