Calon Kepala Desa se- Kabupaten Karo Ditetapkan


770 view
Calon Kepala Desa se- Kabupaten Karo Ditetapkan
Foto : net
Ilustrasi

Karo (harianSIB.com)

Calon kepala desa untuk 231 desa se- Kabupaten Karo yang akan ikut bertarung dalam Pilkades akhirnya ditetapkan.

Plt Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Leo Girsang SSTP, Kamis (17/11/2022) menyebut, penetapan dilakukan sesuai jadwal tahapan Pilkades di Kabupaten Karo yaitu pada 14 Nopember.

"Sudah ditetapkan nama nama calon kepala desa yang menurut panitia pemilihan kepala desa sudah memenuhi syarat," ujarnya.

Menurutnya, ratusan calon kepala desa itu telah memenuhi dan melengkapi syarat administrasi sesuai yang telah ditetapkan, sesuai Perbup Karo nomor 38 tahun 2022 tentang Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa.

Namun, beberapa desa di beberapa kecamatan terdapat calon kepala desa tunggal, artinya calon kepala desa hanya satu.

Sementara dalam Perbup 38 itu disebutkan calon harus ada minimal 2 orang.

"Bagi desa yang calon kepala desanya tunggal, sesuai Perbup, akan dilaksanakan perpanjangan pendaftaran selama 20 hari sejak dilakukannya penetapan. Selain itu, ada juga beberapa desa yang calonnya melebihi kuota sesuai Perbup. Sesuai Perbup, calon minimal 2 orang dan maksimal 5 orang. Untuk yang lebih dari 5 orang akan dilakukan seleksi tambahan berdasarkan pasal 22 Perbup Karo nomor 38," ujarnya.

Seleksi katanya, berupa uji kepatutan dan kelayakan yang terdiri dari ujian tertulis dan wawancara, materinya dari panitia kabupaten.

Ada pun desa yang memiliki calon tunggal pada saat penetapan yakni Desa Dokan, Sibolangit, Tongging, Pertibi Lama dan Regaji (Kecamatan Merek). Kemudian, Desa Cimbang dan Ujung Payung (Kecamatan Payung), Sukanalu (Kecamatan Namanteran), Kuta Buluh Gugung (Kecamatan Kutabuluh) dan Desa Kutambelin dan Pintu Angin (Kecamatan Lau Baleng). Berikutnya, Desa Kuta Gerat (Kecamatan Tigabinanga)a serta Desa Bandar Meriah dan Biak Nampe (Kecamatan Munte).(*)

Penulis
: Theopilus Sinulaki
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com