Camat di Samosir Diminta Memonitoring Desa yang Belum Menyelesaikan APBDes


366 view
Samosir (SIB) -Bupati Samosir Rapidin Simbolon membuka rapat koordinasi penguatan pemerintah desa dan sosialisasi pembentukan BUMDes di Aula AE Manihuruk, Kecamatan Pangururan, Selasa, (4/4).

Tujuan rapat tersebut di antaranya, untuk penguatan pemerintahan desa, menyatukan persepsi antara pemerintah desa dengan BPD dan masyarakat, meningkatkan keharmonisan hubungan kerja antara pemerintah desa, BPD dan masyarakat, maupun pembekalan diri pelaksanaan DD dan ADD.

Bupati Samosir dalam arahannya menyampaikan, bahwa pemerintah desa merupakan program kebijakan unggulan dari Presiden RI Joko Widodo yakni nawacita ke 3. Yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Dimana pemerintah pusat telah mengeluarkan anggaran untuk desa di atas Rp.1 miliar, untuk itu pihaknya berpesan agar seluruh kepala desa benar-benar mengatensi atau memperhatikan bagaimana penggunaan dana desa, dan memperkuat seluruh elemen masyarakat.

"Diminta para camat supaya mengatensi atau memonitoring desa mana yang belum menyelesaikan APBDes. Karena APBDes harus sudah selesai pertengahan bulan April tahun ini,"kata Rapidin.

Menurutnya, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan sumber pendapatan desa, untuk itu para kepala desa agar segera membentuk BUMDes. "Kepala desa harus mampu menciptakan kreasi dan lebih kreatif, bisa menerima masukan dan saran dari masyarakat maupun dari perangkat desa, bekerja dengan sungguh-sungguh, jeli untuk membuat pembangunan di desanya. Harus saling kerjasama antara kepala desa, sekdes dan BPD, serta Camat dan kepala desa bersama PKK harus menciptakan kebersihan lingkungan desanya, dan terus melaksanakan gotong royong di desanya,"ujarnya.

Pada rapat kordinasi tersebut hadir, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak, Masyarakat dan Desa, Rawati Simbolon, Kabag Humas Rohani Bakara, Kabag Umum Vikbon Simbolon, Camat Simanindo, Palipi, Sitiotio dan Onanrunggu. Maupun seluruh Kepala Desa, Sekretaris Desa, BPD, dan Kasi PMD. (F08/l)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com