Capaian Vaksinasi di Tanjungbalai Saat Ini Masih 35%


129 view
Capaian Vaksinasi di Tanjungbalai Saat Ini Masih 35%
(Foto: Dok/Kominfo Tanjungbalai)
PIMPIN RAPAT: Plt Wali Kota Tanjungbalai H Waris Thalib memimpin rapat evaluasi pelaksanaan vaksinasi bersama unsur Forkopimda serta Dinas Kesehatan,  para Kepala OPD, Kapolsek, camat, lurah, Kepala Puskesmas dan seluruh tim vaksinator,  di pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Rabu (27/10/2021).
Tanjungbalai (harianSIB.com)
Masih kurangnya antusias masyarakat untuk mendukung program vaksinasi, sehingga capaian persentase warga di Tanjungbalai yang telah divaksinasi sampai saat masih 35% untuk dosis pertama dan 18% untuk dosis kedua. Capaian persentase itu masih jauh dari target yakni 60% dari jumlah penduduk di Tanjungbalai.

Hal itu disampaikan Plt Wali Kota H Waris Thalib dalam rapat evaluasi pelaksanaan vaksinasi bersama unsur Forkopimda seperti, DPRD, Polres Tanjungbalai, Lanal TBA, Kejari Tanjungbalai, Pabung Kodim 0208/AS, Dinas Kesehatan, serta para Kepala OPD, Kapolsek, camat, lurah, Kepala Puskesmas dan seluruh tim vaksinator Kota Tanjungbalai, di pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Rabu (27/10/2021).

Waris Thalib menyampaikan penyebab masih rendahnya capaian persentase vaksinasi tersebut, karena masih kurangnya antusiasme masyarakat Tanjungbalai. Sehingga dia berharap ada upaya untuk dilakukan agar mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendukung vaksinasi.

"Untuk itu, hari ini juga kami perintahkan Dinas Pendidikan untuk membuat surat kepada pihak sekolah agar setiap siswa wajib divaksin dan membawa surat vaksinasi setiap pelaksanaan program belajar tatap muka. Apabila tidak membawa surat sertifikat vaksin agar tidak diperbolehkan mengikuti pembelajaran. Kita sampaikan juga kepada camat, lurah dan kepala lingkungan, setiap akan berurusan ke kantor agar membawa surat vaksinasi," kata Waris.

Waris juga meminta upaya dan usaha tersebut akan terus bejalan dengan harapan vaksinasi dapat mencapai target yakni 60% dari jumlah penduduk Kota Tanjungbalai.

"Namun demikian, saya juga berterima kasih kepada TNI dan Polri yang setia mendukung pelaksanaan vaksinasi di Tanjungbalai. Begitu juga kepada Dinas Kesehatan agar honor bagi para tenaga kesehatan dapat segera diberikan," ujarnya.

Dalam rapat evaluasi tersebut, diperoleh kesimpulan vaksinasi akan difokuskan kepada para pelajar yang akan dilaksanakan mulai besok, Kamis 28 Oktober 2021, di seluruh Kantor Lurah maupun Camat di Tanjungbalai. (*)

Penulis
: Regen Silaban
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com