Cegah Meledaknya Corona, Ketua DPRD SU Minta Satgas Covid-19 Lakukan Tracing "Door To Door"


182 view
Cegah Meledaknya Corona, Ketua DPRD SU Minta Satgas Covid-19 Lakukan Tracing "Door To Door"
Foto Dok Firdaus Peranginangin
Drs Baskami Ginting
Medan (harianSIB.com)

Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting meminta Satgas Covid-19 Sumut dan Satgas kabupaten/kota secara serentak melakukan tracing "door to door" terhadap masyarakat, untuk mencegah "meledaknya" penyebaran virus corona di daerah ini.

“Sangat mengkhawatirkan, ledakan jumlah pasien positif Covid-19 di seluruh rumah sakit di Kota Medan dan kabupaten/kota tentunya menjadi catatan penting bagi kita, betapa pandemi ini masih menjadi ancaman utama saat ini, “ tegas Baskami Ginting kepada wartawan, Kamis (20/5/2021) di DPRD Sumut.

Seperti dilaporkan jurnalis koran SIB Firdaus Peranginangin, Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, dari catatan beberapa RS (Rumah Sakit) pemerintah dan swasta di Medan yang menjadi tempat penanganan pasien Covid- 19, angka yang disodorkan para pengelola RS rata-rata di atas 80 persen ruang rawat pasien corona penuh.

"Angka itu meningkat dalam beberapa hari ini, sehingga perlu pengawasan secara ketat dari Satgas Covid-19 Sumut. Disini kita berharap agar Satgas tidak lagi berleha-leha menunggu laporan jumlah pasien yang terpapar corona dari daerah," ujar Baskami.

Ditambahkan anggota dewan Dapil Medan ini, langkah-langkah tracing sebagaimana panduan yang dianjurkan Satgas Covid-19 pusat wajib dilakukan. Jangan hanya menunggu pasien datang, periksa ke faskes dan menunggu hasil.

"Segera lakukan pendataan secara acak di wilayah atau lingkungan yang memiliki positif rate penderita tertinggi. Kemudian lakukan tracing "door to door", perketat Prokes, dorong masyarakat khususnya yang baru bepergian dari luar kota untuk memeriksakan diri ke faskes atau lakukan swab secara massal. Ini perlu agar kekhawatiran di tengah masyarakat bisa diatasi,” urai Baskami.

Bsskami mengajak masyarakat untuk menjaga diri dan lingkungan keluarganya dengan tetap menjalankan Prokes Covid-19 secara ketat.(*).

Editor
: Robert/Eva R Pelawi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com